Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pemilihan Tipe Vertical Lift Pada Mesin Hoist

Editor: Rosyid
Pemilihan Tipe Vertical Lift Pada Mesin Hoist - Pengangkatan vertikal pada mesin hoist perlu menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan pengambilan tipe hoist yang berguna meminimalkan penyimpangan hook pada beberapa pekerjaan angkat.

Pemilihan tipe angkat juga berpengaruh pada biaya estimasi project dikarenakan terdapat perbadaan antara harga mesin hoist, speed dan juga biaya perawatan. Jika pengaplikasian pekerjaan dapat dilakukan dengan aman menggunakan hoist single reeving dibanding tipe double reeving, kita dapat menghemat 20-25% biaya untuk pemasangan baru dan penghematan biaya sebesar 40-50% untuk pemeliharaan.

Wire Rope Single Reeving dan Double Reeving

Single Reeving memiliki satu tali kawat, yang tergulung pada drum hoist. Untuk mengangkat beban, hoist single reeving tidak dapat memberikan gaya angkat vertikal yang tegak lurus karena gerakan lilitan kawat secara horizontal yang disebabkan oleh pergerakan dari kiri kekanan atau sebaliknya saat proses lifting, Jarak pergeseran hook bergantung pada diameter dan panjang drum hoist.

Double Reeving menggunakan dua tali kawat pada satu drum, tali dari drum bergerak pada saat yang bersamaan saat proses lifting. Dikarenakan double reeving hoist memiliki dua tali kawat yang bergerak menuju atau menjauhi pusat drum dengan kecepatan yang sama, hook tetap berada di tengah drum sehingga tidak ada pergeseran hook horizontal. Pengangkatan vertikal tegak lurus pada hoist berguna  untuk mengambil dan menempatkan objek secara lurus dari atas ke bawah. Dalam beberapa penerapan, hoist double reeving sangat cocok untuk digunakan pada pembuatan konstruksi lift dan juga pengangkatan beban berat yang memerlukan tingkat akurasi tinggi.

Biaya Perawatan

Pada hoist dengan tipe double reeving, biaya penggantian tali menjadi dua kali lipat, pada tinggi 10 meter maka diperlukan tali sepanjang 20 meter. Karena diperlukan pergantian tali akibat deformasi dari pemakaian, penggunaan double reeving memerlukan sedikit biaya tambahan lebih ketimbang single reeving.

Kemungkinan Presisi dengan Hoist Single Reeving dan Double Reeving

Kita bisa menggunakan hoist tipe single reeving ketika pekerjaan angkat tidak mengharuskan pemindahan yang akurat atau dalam kata lain sekedar untuk memindahkan barang. Selain itu juga pemilihan single reeving dapat disesuaikan dengan harga unit dan biaya perawatan rutin dikemudian hari sehingga hoist ini dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat.

Hoist dengan tipe double reeving sangat cocok digunakan jika ketepatan atau akurasi adalah kunci operasi pengangkatan kita dan dalam hal kebutuhan kontrol yang sangat presisi. Beberapa fitur lain yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan presisi adalah penambahan fitur inverter yang secara otomatis dapat mengatur arus listrik guna mengatur kecepatan pergerakan mesin hoist. Hoist double reeving banyak digunakan pada mesin lift, pengangkatan moulding dan juga barang pecah belah.