Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pentingnya Ketersediaan Spare Part Hoist Crane Untuk Menunjang Kebutuhan Industri

Editor: Ipin
Pentingnya Ketersediaan Spare Part Hoist Crane Untuk Menunjang Kebutuhan Industri
Pentingnya Ketersediaan Spare Part Hoist Crane Untuk Menunjang Kebutuhan Industri

Dijaman sekarang dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat, dengan munculnya inovasi-inovasi terbaru dalam dunia industri, sangat penting untuk mengikuti perkembangan zaman dalam menggunakan alat untuk mengangkat dan memindahkan benda dengan sangat mudah dan efisien dan tentunya dengan keamanan yang sangat tinggi. Contohnya saja hoist serta spare partnya.

Hoist merupakan salah satu bagian atau komponen dari crane  dan juga merupakan  mesin untuk memindahkan benda secara vertikal dan horizontal sehingga benda tersebut dapat berpindah dari suatu tempat ketempat yang lain, sedangkan Spare part adalah suatu barang dari suatu kesatuan yang memiliki fungsi tertentu pada hoist crane.

Dengan adanya spare part ini sangat membantu konsumen dalam mengstabilkan penggunaan hoist. Ketersediaan spare part ini sangatlah penting untuk menunjang kinerja dari hoist tersebut. terlebih pada bagian-bagian komponen hoist yang harus di ganti secara berkala setelah melalui proses pemakaian yang sangat lama dan frekuensi yang tinggi, tentu bagian komponen dari hoist perlu di perhatikan secara berkala supaya tidak terjadi kerusakan yang mengakibatkan hoist tidak bisa beroperasi dengan normal, kerusakan juga dapat terjadi akibat daya listrik yang kurang dan pengoperasian yang tidak benar oleh operatornya, misalnya  operator memaksakan  hoist mengangkat beban melebihi kapasitas hoitsnya, tentunya dengan tindakan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada hoist dan dapat menyebabkan juga hoist akan berumur pendek. Dengan itu perlu operator-operator hoist dilapangan harus mengopersikan hoist dengan benar.

Bagian-bagian komponen hoist beserta dengan fungsi dan kegunaanya:

1. Motoran listrik
Morotan listrik ini berfunsi untuk menggerakkan hoist dengan menggunkan suplay daya listrik yang sangat cukup.  Artinya tanpa motoran listrik ini hoist tidak bisa bergerak atau beroperasi.

2. Sirkuit Listrik
Selanjutnya yaitu sirkuit listrik komponen yang sangat penting pada hoist crane dan merupakan sistem electric dari alat hoist itu sendiri.

3. Rem motor
Berikutnya rem motor merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi menahan laju pergerakan dari alat tersebut disaat mengankat beban, jadi dengan adanya rem motor, pengguna dapat melakukan pengereman pada saat hoist di operasikan.

4. Rantai / seling
Rantai/seling befungsi untuk menarik beban untuk dipindahkan.

5. Drum
Drum ini berfungsi untuk tempat lilitan seling dari hoist crane.

6. Rem Drum
Rem drum ini berfungsi untuk mengontrol pergerakan laju dalam mengoperasikan hoist crane, rem dram ini juga perlu di cek secara berkala agar hoist crane dapat beroperasi dengan optimal.

7. Electric Hoist
Selanjutnya yaitu electric hoist yang berfungsi untuk mengatur gerakan alat dengan bantuan daya listrik yang cukup.

Dengan ketersedian stock komponen-komponen tersebut, pengguna atau user dengan sangat mudah dalam memelihara  dan mengganti spare part apabila terjadi kerusakan pada hoistnya sendiri.