Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALAL

PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALAL

PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALALMemulai bisnis baru untuk kategori produk makanan dan minuman harus memperhatikan perizinan dari depkes (departemen kesehatan) dan juga sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), karena di negara Indonesia semua bisnis kategori makanan dan minuman wajib memilikinya. Hal ini akan berpengaruh pada pandangan konsumen pada bisnis anda dan kesuksesan anda dalam menjalankannya. Kenapa? Masyarakat yang menemukan logo halal dan mengetahui ada perizinan dari depkes akan lebih memilih ke tempat bisnis anda karena sudah terjamin kualitas dan kehalalannya dibandingkan dengan tempat lain yang belum memiliki kedua hal ini.

Masyarakat sangat teliti dalam memilih produk makanan dan minuman. Produk harus aman dikonsumsi dan bersih serta sudah mendapatkan perizinan untuk berjualan, karena apa yang akan dikonsumsi baik makanan atau minuman akan berpengaruh besar pada kondisi tubuh manusia. Jika yang dikonsumsi sembarangan maka dikhawatirkan akan memberikan efek yang merugikan bagi tubuh manusia baik dalam efek langsung atau efek dalam jangka panjang. Belum terlambat untuk menjalankan persyaratan yang harus ada tersebut segera diselesaikan, karena jika masih belum dijalankan tidak menutup kemungkinan bahwa akan ditinggalkan oleh konsumen dan secara tidak langsung akan mengalami kerugian.
PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALALMengurusi surat perizinan depkes dan sertifikasi halal ini tidak bisa dibilang sulit jika melihat dari efek yang akan memberikan kesuksesan dalam jangka panjang. Di setiap daerah anda akan ditemukan kantor dinas kesehatan yang akan menginformasikan bahwa harus membuatkan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Hanya dengan mengisi formulir di sana dan melengkapi beberapa persyaratan saja sudah bisa untuk mengajukan perizinan ini. Setelah semua dilampirkan sesuai kebutuhan maka akan ada tim survey dari kantor dinas kesehatan yang akan meninjau lokasi usaha anda. Survey ini berisi mulai dari melihat bagaimana proses pembuatan dari mulai membuat sampai jadi. Tidak hal itu saja yang akan diperhatikan, tapi kebersihan dari lokasi serta peralatan dan perlengkapan yang ada di lokasi juga akan diperhatikan sebagai syarat layak mendapatkan perizinan. Tidak perlu menunggu lama untuk proses setelah survey, cukup 2 mingguan saja anda akan mendapatkan perizinan tersebut. Semua proses ini dapat dilakukan dengan mudah dan juga tanpa biaya.


Mirip dengan mengurus perizinan ke depkes, untuk mendapatkan sertifikasi halal itu juga melakukan proses yang hampir sama cuma beda tempatnya saja. Untuk sertifikasi harus mendatangi kantor MUI setempat. Jika semua izin dan sertifikasi sudah dimiliki, bisnis yang ingin dijalankan sudah bisa digerakkan dengan berfokus pada target promosi yang lebih luas. Hal ini juga akan membuat konsumen melihat bahwa usaha anda ini profesional dan benar adanya mengikuti prosedur untuk memberikan makanan dan minuman yang baik dan memang layak untuk dikonsumsi oleh konsumen.
“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: DERRY


banner tomori


Related Articles