Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PERBEDAAN HOIST DAN CRANE

PERBEDAAN HOIST DAN CRANE - Banyak inquiry yang kami terima di Divisi Hoist Crane dari para customer yang membutuhkan hoist atau lengkap dengan sistem cranenya. Customer ini memiliki beberapa type jika dilihat dari pengetahuan akan produk ( Hoist Crane ) yang dicari. Ada yang memahami karena sudah pernah memiliki dan menggunakan hoist crane dan ada yang awam sekali karena mungkin baru pertama kali ingin membeli produk ini.


Dalam tulisan ini, kami ingin menjelaskan perbedaan mendasar antara Hoist dan Crane. Secara harfiah, Hoist adalah salah satu jenis pesawat angkat yang banyak digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal (tegak lurus). Sedangkan crane sendiri adalah sistem yang dirancang dan dibangun untuk menunjang operasional dan mobilitas hoist tersebut.

Sistem Kerja dan Tipe Hoist

Dalam beberapa kasus yang dibutuhkan customer hanya perangkat hoist saja, mungkin untuk pergantian unit existing. Hoist dibagi menjadi 2 sistem kerja yaitu manual hoist dan electric hoist. Manual hoist tentunya memiliki harga yang relatif murah, tidak bergantung dengan sumber listrik, dan bobotnya tidak seberat electric hoist sehingga sangat cocok untuk daerah yang belum mendapatkan supply listrik.

Hoist pada umumnya dibagi menjadi 2 type yaitu chain hoist dan wirerope hoist. Kedua type ini memiliki kelebihan masing-masing. Kesamaannya adalah bahwa perawatan hoist sangat mudah dan frekuensi maintenance cukup 1-2 kali setahun dalam penggunaan normal di lapangan.


Secara pergerakan hoist bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti type fixed (up down) untuk aplikasi lift cargo, warehouse, maupun workshop. Ada juga type 4 point (up,down,left,right) yang digunakan untuk aplikasi monorail crane.

Sedangkan crane memiliki banyak jenis. Jika kita googling di internet, akan banyak muncul tower crane, mobil crane, dan hoist crane. Crane memang memiliki banyak jenis, namun fungsinya sama yaitu untuk mengangkat dan memindahkan beban berat.

Tower crane biasa digunakan oleh kontraktor & developer untuk membangun sebuah gedung bertingkat misalnya gedung perkantoran dan mall. Mobil crane memiliki kelebihan pada mobilitasnya dan ada mobil khusus yaitu crawler crane yang mampu beroperasi di medan yang sulit. Hoist crane dalam dunia industri dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di bidang manufaktur, industri makanan & minuman, warehouse, workshop, dan masih banyak lagi.

Hoist crane memiliki banyak sistem seperti overhead crane, gantry crane, semi gantry, jib crane, dan monorail. Perbedaan mendasar dari sistem-sistem tersebut adalah design konstruksi yang dirancang dan dibangun menyesuaikan kondisi lapangan dan kebutuhan customer tentunya.

PERBEDAAN HOIST DAN CRANE

Kesimpulannya bahwa hoist crane adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Dan karena crane sifatnya custom, maka ada baiknya jika Anda berencana membangun sebuah bangunan baru yang akan dipasang hoist crane sebaiknya hubungi engineer atau distributor crane yang handal agar nanti ketika bangunan berdiri, pondasi dan konstruksi memiliki kualifikasi standar untuk dipasangkan hoist crane.

Untuk anda yang sedang mencari Pusat Jual Hoist Crane di Indonesia, silahkan kunjungi PT. Indotara Persada. Indotara telah memiliki pengalaman lebih dari 10 Tahun dalam menangani Hoist Crane. Dengan didukung oleh Team Engineering Professional yang siap membantu anda dalam memperoleh pengalaman memuaskan dengan Hoist Crane terbaik kami.

Untuk Lihat Lebih Lanjut Mengenai Spesifikasi Hoist Crane Terbaik Kami, Klik Disini

 


 

 

banner percayakan indotara

Penulis: VENDES
Editor: IQBAL


Banner Parrent LGM

Banner-Samsung-Product
Banner List Product Hoist Crane Artikel


Related Articles