Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PERBEDAAN JENIS ICE CREAM

PERBEDAAN JENIS ICE CREAMDewasa ini seperti yang kita ketahui, banyak orang yang menyukai minuman dingin yang bernama ice cream. Secara umum Perbedaan Jenis Ice Cream yang banyak dijual di pasaran ada dua jenis yaitu HARD ICE CREAM dan SOFT ICE CREAM. Kondisi iklim di Indonesia yang merupakan daerah atau negara beriklim tropis dengan panasnya pancaran sinar matahari yang menyengat, menjadikan ice cream (es krim) dengan berbagai macam rasa yang manis dan menyegarkan selalu dicari dan diminati, bahkan pada saat musim penghujan pun ice cream tetap digemari.

Menurut sejarahnya,ice cream telah dikenal luas sejak tahun 64 Masehi,khisusnya di wilayah kerajaan Romawi. pada waktu itu, ice cream dibuat dari salju halus yang dicampur dengan berbagai campuran seperti gula,susu,buah,dan bahkan bahan-bahan tambahan lainnya. Di Indonesia sendiri,ice cream mulai dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Pada zaman dahulu, bahan-bahan ice cream dibawa dari negara eropa, oleh karena itu ice cream pada zaman itu dianggap makanan yang mewah dan mahal yang hanya dapat dinikmati oleh kaum kolonial dan keluarga atau orang yang berdarah biru atau bangsawan.

Baca Juga : KREASI CONE UNIK UNTUK ES KRIM

Namun dewasa ini,seiring perkembangan zaman dengan munculnya atau terciptanya mesin-mesin dan peralatan canggih es krim telah menjadi makanan yang umum bagi hampir semua lapisan masyarakat,dari kalangan bawah hingga atas.dan dari harga murah sampai harga yang mahal dengan berbagai varian telah tersedia. Permintaan atas ice cream sendiri terus meningkat setiap tahunnya,oleh karena itu banyak perusahaan besar yang terus berinovasi membuat varian ice cream untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus menuntut varian ice cream yang baru.

PERBEDAAN JENIS ICE CREAMBerdasarkan struktur atau teksturnya, yang membedakan soft ice cream dan hard ice cream adalah hard ice cream memiliki sedikit kandungan udara didalam adonannya dibandingkan dengan soft ice cream yang memiliki banyak partikel udara di dalamnya sehingga memiliki tekstur lebis halus atau lembut dibandingkan dengan hard ice cream.untuk jenis ice cream soft ice cream,biasanya menggunakan mesin khusus dan dimana didalam mesin tersebut terdapat fungsi blower atau fungsi peniupan pada adonan agar dipenuhi dengan partikel-partikel udara sehingga ice cream yang dihasilkan akan lebih soft atu lembut.

Baca Juga : CARA UNTUK MEMBUAT RASA DAN TEKSTUR SOFT ICE CREAM YANG PAS

Untuk hard ice cream juga menggunakan adonan ice cream yang sama dengan adonan yang digunakan pada soft ice cream.hanya saja pada jenis ice cream hard ice cream mengandung sangat sedikit partikel udara didalamnya sehingga membuat tekstur dari ice cream tersebut menjadi lebih padat dibandingkan dengan soft ice cream. Untuk topping dari ice cream sendiri bisa menggunakan berbagai macam bahan yang dijadikan topping.untuk topping soft dan hard ice cream,dapat menggunakan toping yang sama sesuai dengan inovasi pengusaha,penjual ataupun pembeli dari ice cream tersebut.

Ice cream pun penyajiannya bisa dipadukan dengan minuman-minuman seperti kopi, teh, atau bahkan minuman cola. Dengan demikian,perbedaan yang paling signifikan dan langsung dapat dilihat dan dirasakan adalah terletak pada teksturnya, tekstur padat untuk hard ice cream dan tekstur lebih lembut ada pada soft ice cream.

Baca Juga : IDE BISNIS BERJUALAN ICE CREAM KELILING

Penulis: DERRY
banner promosi tomori


Related Articles