Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Tiang-Tiang Penopang pada Overhead Crane

Editor: Farhan
Overhead crane atau derek angkat merupakan alat berat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban berat. Dalam penggunaannya, overhead crane memerlukan beberapa komponen utama, salah satunya adalah tiang atau console sebagai pendukung beban. Terdapat tiga jenis tiang yang digunakan pada overhead crane, yaitu console, tiang joint existing, dan tiang independen. Ketiga jenis tiang tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya pada overhead crane.

 
1. Console

Console merupakan jenis tiang yang biasanya dipasang pada gedung atau bangunan. Console dihubungkan dengan struktur gedung atau bangunan dan dapat menopang beban overhead crane. Console berbentuk potongan besi yang dihubungkan ke tiang kolom struktur gedung atau bangunan dengan ukuran console tertentu dan pada elevasi tertentu sesuai dengan perhitungan kebutuhan yang ada di lapangan. Console ini sangat efektif digunakan jika overhead crane digunakan dalam area yang cukup besar seperti pabrik atau pelabuhan. Kelebihan dari console adalah tiang ini tidak memakan tempat yang banyak karena terhubung dengan tiang kolom struktur gedung atau bangunan. Selain itu, console juga lebih ekonomis dibandingkan dengan tiang independen karena tidak perlu membangun struktur pendukung yang baru. Namun perlu diperhatikan apabila penopang overhead crane tersebut ingin menggunakan consol, maka perlu ada perhitungan kolom struktur yang cukup kuat untuk menopang beban bangunan beserta beban hoist crane sehingga pada saat console digunakan tidak akan ada struktur yang runtuh akibat beban yang ada.

2. Tiang Joint Existing


Tiang joint existing atau sering disebut juga sebagai tiang sambungan adalah jenis tiang yang dipasang pada kolom struktur baja yang sudah ada. Tiang joint existing merupakan  struktur pendukung yang baru dimana tiang joint existing berdiri di samping tiang kolom struktur gedung atau bangunan pada jarak tertentu yang dihubungkan dengan rangka besi penghubung atau biasa dikenal dengan rangka besi cremona. Rangka besi cremona ini berupa besi-besi yang telah di las pada kolom struktur bangunan dan tiang kolom joint existing guna menghubungkan dan menguatkan kedua tiang struktur tersebut. Tiang Joint Existing ini basanya digunakan apabila kolom struktur bangunan sudah diperhitungkan tidak cukup kuat bila menggunakan console saja untuk menopang beban tambahan dari overhead crane yang cukup besar.

3. Tiang Independen

Tiang independen atau sering disebut juga sebagai tiang pancang adalah jenis tiang yang dipasang secara independen dan tidak terhubung dengan struktur lainnya. Tiang independen biasanya digunakan pada area terbuka dimana tidak ada konstruksi bangunan yang dapat menopang overhead crane. Tiang Independen ini berupa gabungan besi yang dihubungkan dengan rangka besi cremona dimana struktur overhead crane akan diletakkan di atas tiang independen tersebut. Kelebihan dari tiang independen adalah dapat digunakan pada area yang lebih luas dan dapat menahan beban yang sangat berat. Namun, kekurangan dari tiang independen adalah biaya pemasangan yang cukup mahal dan memerlukan struktur pendukung yang kuat.


Dalam memilih jenis tiang yang tepat untuk overhead crane, perlu mempertimbangkan lokasi penggunaan, beban yang akan diangkat, serta biaya pemasangan dan pemeliharaan. Pemilihan yang tepat akan meningkatkan efektivitas dan keamanan dalam penggunaan overhead crane. PT. Indotara Persada menyediakan berbagai macam jenis konstruksi hoist crane dimana salah satunya terdapat overhead crane dengan berbagai jenis tiang penopang overhead crane sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Jangan ragu untuk berkonsultasi serta mendapatkan penawaran overhead crane yang Anda butuhkan agar overhead crane yang dibutuhkan dapat sesuai dengan spesifikasi yang ada di lapangan Anda.