SUHU TERBAIK DAN TATA CARA PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN ANDA
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

SUHU TERBAIK DAN TATA CARA PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN ANDA

CARA MERAWAT MESIN ES KRIM

Seberapa lama-kah anda menyimpan susu di kulkas? 1 Hari? 1 Minggu? Atau bahkan lebih? Sebenarnya tidak masalah seberapa lama anda menyimpan makanan di dalam kulkas, selama masa berlaku barang tersebut masih dalam waktu yang di tentukan. Tapi tahukah anda suhu terbaik dan tata cara penyimpanan bahan makanan anda agar tetap segar walaupun disimpan lama di dalam kulkas?
Menyimpan bahan makanan merupakan hal yang dianggap tidak perlu ada pelatihan khusus. Masyarakat menyimpan berbagai macam jenis bahan makanan secara bersamaan di dalam kulkas. Tahukah anda bahwa menyimpan bahan makanan itu harus diperhatikan secara betul kualitas dan mempunyai suhu yang pas untuk setiap jenis itemnya serta tata cara yang benar untuk penyimpanannya? Menyimpan bahan makanan dengan cara yang salah atau dalam jumlah berlebihan dari kapasitas biasanya, akan menyebabkan kerusakkan bahan makanan tersebut. Berikut beberapa cara penyimpanan yang baik untuk bahan makanannya :

Penyimpanan bahan dengan jumlah yang sedikit atau banyak harus melihat dari jenis bahan itu sendiri. Setiap bahan memiliki spesifikasi sendiri untuk penyimpanannya. JIka dikelompokkan menjadi


Daging dan OlahannyaDAGING, IKAN, UDANG & OLAHAN SEJENISNYA
- Untuk penyimpanan 3 hari : -5oC ~ 0oC
- Untuk penyimpanan 1 minggu : -19oC ~ -5oC
- Untuk penyimpanan lebih dari 1 minggu : dibawah -10oC
Susu, Telur dan Olahannya TELUR, SUSU, & OLAHAN SEJENISNYA
membersihkan kipas atau bagian dalam mesin harus sangat berhati hati
- Untuk penyimpanan 3 hari : -5oC ~ 0oC
- Untuk penyimpanan 1 minggu : -19oC ~ -5oC
- Untuk penyimpanan lebih dari 1 minggu : dibawah -10oC
Sayuran dan OlahannyaSAYURAN, TEPUNG, BIJI-BIJIAN & UMBI KERING
- Untuk penyimpanan sayuran lebih dari 1 minggu : 7oC ~ 10oC
- Penyimpanan tepung, biji-bijian, dan umbi kering di suhu kamar 25oC

Tata Cara Penyimpanan

menyimpan bahan makanan memerlukan peralatan penyimpanan yang tepat seperti kulkas, freezer, atau cold storage. Hal ini tergantung dari bahan makanan yang ingin disimpan. Untuk penyimpanan bahan makanan yang harus dengan suhu rendah dapat dijabarkan sebagai berikut :
Kulkas tata cara penyimpanan

- Lemari pendingin yang mampu mencapai suhu 10oC - 15oC digunakan untuk  menyimpan sayuran, minuman, dan buah, atau makanan yang harus didisplay dan harus disajikan dingin.

- Lemari pendingin atau kulkas yang mempunyai pencapaian suhu 1oC ~ 4oC digunakan untuk menyimpan makanan siap santap atau telur.

- Lemari pendingin atau freezer yang dapat mencapai suhu -5oC digunakan untuk menyimpan daging, unggas, ikan, dengan waktu tidak lebih melebihi dari 3 hari.

- Pendingin yang berbentuk kamar dan beku merupakan suatu ruangan khusus yang menyimpan makanan - makanan beku (frozen food) dengan suhu -20oC seperti daging atau makanan beku yang memang harus disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan penyimpanan barang - barang tersebut seperti pada ruangan kamar beku bisa dibuatkan rak untuk memudahkan pengambilan, ketika sudah beku lengket tidak susah diambil, dan berbagai cara lainnya. Hal ini sering dilihat secara remeh, tetapi sangat perlu menjadi perhatian kita untuk menjaga bahan makanan kita tersimpan dengan suhu dan tata cara yang baik.


“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: DERRY


banner promosi tomori