Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Teknologi canggih, air laut bisa diubah jadi air minum

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Ipin

Penulis: Kevin Gilland Haezer, S.T.

Teknologi canggih, air laut bisa diubah jadi air minum

Teknologi canggih, air laut bisa diubah jadi air minum - Para ilmuan dari Australia telah menemukan teknologi yang dapat mengubah air laut atau air payau dapat menjadi aiar minum yang bersih dan aman. Para para peneliti menggunakan senyawa kerang logam – organic atau MOF dan sinar matahari untuk memurnikan air yang hanya dalam waktu setengah jam, menggunakan proses yang sangat lebih efisien. Berdasarkan pengujian awal, dengan satu kilogram bahan MOF bisa memproduksi sekitar 139,5 liter hampir 37 galon US air bersih yang memenuhin standar Organisasi Kesehatan atau disebut dengan WHO. Dalam hitungan waktu 4 menit paparan sinar matahari material mampu melepaskan semua ion garam yang sudah direndam dari air.

Sinar matahari yaitu sumber energy yang paling melimpah  dan terbarukan yang ada di Bumi. Pengembangan proses desalinasi berbasis adsorben baru melalui penggunaan sinar matahari memberikan solusi yang hemat energy dan ramah lingkungan untuk desalinasi, sebut ahli Kiia dari Monash University Melbourne, Huanting Wang.

Para penelitian menciptakan MOF baru yang dipanggil atau disebut dengan PSP-MIL 53, sebagiannya terdiri dari bahan MIL 53 yang sudah sangat dikenal karena bereaksi terhadap air dan karbondioksida. Meskipun ini bukan penelitian pertama yang menggunakan membrane MOF, temuan dan materi memberikan alternative yang sangat baru untuk desalinasi atau proses menghilangkan kadar garam yang terkandung dalam air. Desalinasi telah digunakan untuk mengatasi peningkatan kekurangan air dalam global. Karena ketersediaan air laut dan air payau yang sangat melimpah, penggunaan ini dinilai sangat efektif guna mengatasi kekurangan air bersih.

Hampir 97 % di planet bumi merupakan air garam. Itu adalah sumber daya besar yang belum dimanfaatkan sebagai air minum. Solusi seperti ini sangat dapat dimanfaatkan untuk mengubahnya menjadi aman dikonsumsi manusia. Penelitian ini telah di publikasikan dan itu sangat dianggap cukup serdehana, murah dan stabil untuk kita gunakan. Teknik ini yang sangat responsive terhadap sinar matahari ini berpotensi dapat difungsikan lebih lanjut untuk cara yang hemat energy dan ramah lingkungan dalam mengekstrasi mineral untuk penambangan yang berkelanjutan dan aplikasi yang terkait lainnya.

Kebutuhan air bersih di kawasan pesisir dari waktu ke waktu sangat terus bertambah sering terus meningkat jumlah penduduk yang ada dikawasan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pasokan atau stok air bersih terus diusahakan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui teknologi penyulingan air laut menjadi air tawar.

Kehadiran teknologi itu sangat diharapkan bisa mengurangi ketergantungan air bawah tanah di kawasan pesisir. Teknologi ini sangat sangat serdehana, karena bisa membuat garam setiap hari selama setahun penuh dan tidak terpengaruh oleh cuaca. Lebih dari itu, teknologi ini juga bisa menghasilkan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pesisir.


Related Articles