Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Teknologi Canggih, Air Minum Diambil dari Udara

Editor: Ipin
Teknologi Canggih, Air Minum Diambil dari UdaraHistory Generator air atmosfer (AWG) adalah perangkat yang mengekstraksi air dari udara ambien lembab untuk menghasilkan air minum. Uap air di udara dilepaskan dengan beberapa teknik, seperti mendinginkan udara di bawah titik embun, memaparkan udara ke pengering, menggunakan membran yang hanya memungkinkan uap air untuk lewat, mengumpulkan kabut , atau menekan udara. dapat diekstraksi. AWG berguna saat air minum sulit diperoleh karena air selalu ada di udara sekitar. AWG mungkin memerlukan masukan daya yang signifikan atau beroperasi secara pasif, tergantung pada perbedaan suhu alami. Penelitian biomimikri menunjukkan bahwa kumbang Stenocara gracilipes memiliki kemampuan alami untuk melakukan tugas ini. cerita Suku Inca mampu mempertahankan budaya mereka di atas garis hujan dengan mengumpulkan embun dan menyalurkannya ke reservoir untuk didistribusikan nanti ditampilkan.

Metode tradisional ini biasanya sepenuhnya pasif, mengandalkan perubahan suhu yang terjadi secara alami tanpa menggunakan sumber energi eksternal. Air mancur adalah metode pengumpulan uap air dari udara secara pasif. Teknologi ekstraksi air asin ditugaskan oleh Angkatan Darat AS dan Angkatan Laut AS dari Terralab dan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA). Program Ekstraksi Air Atmosfer DARPA bertujuan untuk menyediakan air bagi 150 tentara dan mengembangkan perangkat yang dapat dibawa oleh empat orang. Pada Februari 2021, General Electric menerima $14 juta darinya untuk mengembangkan perangkat lebih lanjut. teknologi Sistem berbasis pendingin adalah yang paling umum, tetapi sistem wicking cukup menjanjikan. Sistem hybrid menggabungkan adsorpsi, pendinginan dan kondensasi.

Cooling condensation
Sistem kondensasi adalah teknologi yang paling populer. Jenis AWG pendingin-kondensasi menggunakan kompresor untuk mensirkulasikan zat pendingin melalui kondensor dan kemudian melalui koil evaporator yang mendinginkan udara di sekitarnya. Air mengembun pada kolektor segera setelah suhu udara mencapai titik embun. Kekuatan kipas menyaring udara melalui koil. Sistem pemurnian/penyaringan menjaga kemurnian air dan mengurangi risiko mikroba di lingkungan. Tingkat produksi air tergantung pada suhu sekitar, kelembaban, jumlah udara yang mengalir di atas koil, dan kemampuan mesin untuk mendinginkan koil. AWG menjadi lebih efektif seiring dengan peningkatan kelembapan dan suhu relatif. Sebagai aturan praktis, AWG kondensasi berpendingin tidak beroperasi secara efisien pada suhu sekitar di bawah 18,3°C (65°F) atau kelembapan relatif di bawah 30%. Ekonomis AWG bergantung pada kapasitas mesin, kondisi kelembapan dan suhu setempat, serta biaya listrik. Efek Peltier pada bahan semikonduktor memberikan sistem kondensasi alternatif di mana satu sisi bahan semikonduktor dipanaskan dan sisi lainnya didinginkan.

Aplikasi ini memaksa udara melalui kipas pendingin di sisi pendingin untuk menurunkan suhu udara. Semikonduktor solid-state praktis untuk perangkat portabel, tetapi memiliki kelemahan efisiensi rendah dan konsumsi daya yang tinggi. Menggunakan pendingin evaporatif untuk memasok air payau dan meningkatkan kelembapan dapat meningkatkan produksi air minum pada kelembapan rendah. Produksi air di rumah kaca merupakan kasus khusus karena udara dalam ruangan jauh lebih panas dan lembab. Contohnya termasuk Rumah Kaca Air Laut Oman dan Rumah Kaca IBTS miliknya. Air yang tidak dapat diminum adalah produk sampingan dari dehumidifikasi AC. Koil evaporator yang relatif dingin (di bawah titik embun) mengembunkan uap air dari udara yang diolah. Ditenagai oleh listrik berbasis batu bara memiliki jejak karbon terendah dari semua sumber air (tiga kali lipat lebih tinggi dari desalinasi osmosis balik) dan membutuhkan lebih dari empat kali lebih banyak air dalam rantai pasokan daripada yang disuplai . kepada pengguna.

Hygroscopy
Teknologi penyerapan kelembaban menghilangkan air dari udara dengan penyerapan atau adsorpsi. Bahan-bahan ini mengering di udara. Desikan dapat berupa cairan ("basah") atau padatan.
Wet desiccants
Pengering cair termasuk litium klorida atau litium bromida. Pengering basah lainnya adalah air garam pekat. Brine menyerap air, mengekstraknya dan mencucinya. Perangkat portabel ditenagai oleh generator. Versi yang dipasang di trailer yang lebih besar menghasilkan hingga 1.200 galon AS (4.500 liter) air per hari dengan laju hingga 5 galon per galon bahan bakar. Varian lain menggunakan energi matahari pasif dan gravitasi, diklaim lebih hijau. Air garam pekat mengalir di luar menara dan menyerap uap air. Air garam kemudian memasuki ruangan dan dipanaskan dengan membuatnya vakum sebagian, melepaskan uap air yang terkondensasi dan terkumpul. Saat kondensat dikeluarkan dari sistem oleh gravitasi, ruang hampa dibuat, menurunkan titik didih air garam.

Solid desiccants
Gel silika dan zeolit ​​mengeringkan udara terkompresi. Perangkat yang menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan air minum secara langsung sedang dikembangkan. Alat tersebut dia butuhkan 310 watt jam (1.100 kJ) untuk menghasilkan 1 liter air. Ia menggunakan kerangka zirkonium/organologam-organik pada dasar tembaga berpori yang melekat pada substrat grafit. Matahari memanaskan grafit dan melepaskan air, yang mendinginkannya. Bahan Bakar Kendaraan sel bahan bakar hidrogen menggabungkan hidrogen dengan oksigen ambien untuk menghasilkan 1 liter air minum untuk setiap 8 mil (12,87 km) berkendara.   

Power Masukan energi diperlukan untuk mengekstraksi air dari atmosfer kecuali udara jenuh dengan uap. Energi yang dibutuhkan adalah fungsi yang kuat dari kelembaban dan suhu. Ini dapat dihitung dengan menggunakan energi bebas Gibbs. Air minum dapat dihasilkan oleh panel surya di atap menggunakan energi matahari dan panas matahari. Hidrogel dapat digunakan untuk memerangkap kelembapan (misalnya malam gurun), mendinginkan panel surya, atau menghasilkan air tawar. Ini termasuk untuk irigasi tanaman, seperti yang ditunjukkan dalam sistem terintegrasi dengan panel surya yang ditempatkan di samping atau di bawah panel. sistem. Satu studi menemukan bahwa perangkat semacam itu dapat membantu menyediakan air minum untuk satu miliar orang, tetapi generasi off-grid akan "merusak upaya untuk mengembangkan infrastruktur pipa permanen." "ada kemungkinan.


Related Articles