Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Membeli Mesin Bubut yang Baik dan Benar

Editor: Rosyid

Tips Membeli Mesin Bubut yang Baik dan Benar

Mesin bubut pertama kali diperkenalkan oleh bangsa mesir kuno, pada tahun sekitar 1300 SM. Pada dasarnya ada dua hal yang menarik dari mesin ini yang pertama pembubutan benda kerja kayu yang manual dengan tali dan yang kedua adalah pemotongan bentuk kayu dengan benda tajam. Semakin berkembangnya zaman, mesin bubut mengalami banyak modifikasi baik dari segi bentuk, model dan ukuran dan yang terpenting dari modifikasi mesin bubut dari zaman ke zaman ialah gerakan berputarnya yang dimana bisa membubut banyak material dalam waktu singkat.

Mesin bubut merupakan salah satu alat perkakas yang dimana fungsinya untuk memotong sebuah benda kerja yang dilakukan dengan membuat sayatan pada benda kerja dimana bagian pahatnya digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja yang sedang berputar. Prinsip kerja dari mesin bubut yaitu menghilangkan bagian dari suatu benda kerja untuk mendapatkan bentuk tertentu dengan cara benda kerja diputar dengan kecepatan tertentu beriringan dengan proses pemakanan oleh pahat yang digerakkan secara translasi yang sejajar dengan sumbu putar benda kerja Mesin bubut sangat banyak bentuk jenis dan macamnya, namun dari cara pengoperasiannya mesin bubut dibagi menjadi 2 yaitu mesin bubut manual atau yang lebih dikenal dengan mesin bubut konvensional dan mesin bubut otomatis atau lebih akrab dikenal dengan mesin bubut CNC.

Mesin bubut manual adalah mesin bubut yang dimana 100% proses pembubutan dilakukan dengan tangan manusia sehingga proses pengerjaan dan penyelesaian barang lebih lama dan lebih lambat sedangkan mesin bubut otomatis merupakan mesin bubut yang pengerjaannya sudah diatur dan dikerjakan oleh sistem sehingga hasil pembubutan lebih presisi, bagus dan dapat menghasilkan produk yang banyak dalam waktu singkat.

Cara Membeli Mesin Bubut yang baik dan Benar :

1. Sesuaikan lebih dahulu diameter benda kerja yang ingin dibubut atau biasa disebut dengan swing over bed

2. Sesuaikan panjang benda kerja yang ingin dibubut seperti apa atau biasa disebut dengan distance between center

3. Sesuaikan berat benda kerja yang ingin dibubut dengan memperhatikan beberapa tips diatas sudah bisa dipastikan kalau setiap buyer bisa mendapat mesin bubut yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan pastinya bisa memaksimalkan pekerjaan dari Buyer.

Mesin Bubut juga sudah tersedia di PT. Indotara Persada. Indotara Persada sebagai distributor tunggal untuk mesin bubut brand ORION. ORION merupakan salah satu produk unggulan dari PT. Indotara Persada, unit ini berlisensi jepang dengan pembuatan di Taiwan. Unit dari desain ini sangat bagus dengan perfoma pengerjaan yang sudah tidak diragukan lagi.

Mari Percayakan Kebutuhan Anda Pada PT. Indotara Persada