15 PRINSIP AMAN MENGEMUDIKAN FORKLIFT
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

15 PRINSIP AMAN MENGEMUDIKAN FORKLIFT

15 PRINSIP AMAN MENGEMUDIKAN FORKLIFT

15 PRINSIP AMAN MENGEMUDIKAN FORKLIFT - Forklift merupakan jenis kendaraan angkut yang menjadi andalan bagi perusahaan terutama perusahaan yang berkecimpung pada alat alat berat. Untuk 1 ukuran forklift sedang memiliki berat yang hampir sama dengan berat truck dump, Sehingga memiliki keahlian dan prosedur keselaman kerja yang hampir sama juga. Menurut beberapa sumber, banyak kasus kecelakaan dan bahkan berakitan fatal yang terjadi akibat kelalaian serta kurangnya keselamatan kerja menggunakan forklift. Sehingga perlu diperhatikan hal yang menjadi penyebab kecelakaan terjadi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi kita perlu menerapkan 15 Prinsip aman mengemudikan forklift. Adapun 15 prinsip tersebut adalah :

Baca Juga :
DISTRIBUTOR PENJUALAN UNTUK JASA SEWA FORKLIFT


PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI


PUSAT JUAL FORKLIFT JAKARTA


1. Menggunakan Sabuk Pengaman
Sabuk pengaman merupakan hal yang pertama yang paling penting dalam berkendara, baik itu mengendarai forklift, mobil atau kendaraan roda 4 atau lebih.

2. Posisi Menghadap Ke Depan Atau Arah Tujuan

Umumnya operator forklift lalai dalam hal ini dan menganggapnya sepele, karena merasa mahir dia mengemudikan forklift dengan cara membelakangi. Itu sangat tidak diperkenankan dalam mengendarai kendaraan apapun. Meskipun ada juga jenis forklift yang tempat operator nya menyamping, tetapi walau badan menyamping dari forklift arah pandangan harus ke arah tujuan.


3. Membunyikan Klakson

Bunyikan klakson terutama dipersimpangan ini untuk menghindari Forklift lain atau sekedar pejalan kaki melintas di persimpangan yang tak terlihat oleh kita.

4. Menghentikan Forklift Ketika Jarak Pandang Terhalang

Sudah seharusnya jika pandangan terhalangi jangan nekat terus melajukan forklift jika tidak mau hal hal yang tidak di inginkan terjadi.

5. Menjaga Jalur Pejalan Kaki Di Area Kerja Bebas Dari Segala Halangan

Jika jalur pejalan kaki ditaruh pallet atau hal semacamnya yang terjadi pejalan kaki keluar dari jalurnya. Hal kecil seperti itu yang dapat menjadi resiko kecelakaan kerja.

6. Menjaga Jarak 3m Aman

Ingatlah Forklift dalam keadaan berjalan membutuhkan jarak aman 3 meter dari orang saat pengereman, Jika kurang dari itu forklift bisa tergelincir jika mengerem mendadak terlebih forklift sedang membawa muatan.

7. Menyimpan Pallet Yang Sudah Di Tandai

Menyimpan pallet yang tidak sesuai dengan standart dapat menyebabkan runtuh dan terjatuh jika penyusunannya tidak tepat dan tidak menghalangi forklift saat bekerja di jalan.

8. Memastikan Pallet Yang Diangkat Sudah Sesuai Dengan Standard

Pallet yang tidak sesuai standart dapat menyebabkan muatan jatuh atau bahkan merusak forklift. Jadi pastikan Pallet yang diangkut sudah sesuai dengan prosedur keamanan kerja.


9. Memastikan Pallet Terikat Kuat Di Garpu Forklift

Barang yang tidak terikat kuat di pallet akan menimbulkan barang jatuh ketika forklift bermanuver atau saat mau naik atau menurunkan barang. Banyak pekerja yang lalai dengan hal ini. Belum lagi dampak akan rusaknya barang dapat menyebabkan kerugian bagi Anda.


10. Menghidari Forklift Berjalan Saat Sedang Menaikan Atau Menurunkan Barang

Ketika forklift sedang menaikan atau menurunkan barang akan terjadi perpindahan titik keseimbangan, akan sangat berbahaya jika dalam keadaan tersebut forklift berjalan. Dapat Anda bayangkan apa yang akan terjadi bila hal tersebut menjadi kelalaian bagi kita


11. Tumpuk Barang Secara Urut Dan Dapat Di Akses Kedua Sisi

Tumpuk lah barang secara urut untuk mempermudah Anda mencari barang tersebut dikemudian hari. Dan tumpuklah barang dengan posisi palet yang dapat di akses di kedua sisi. Hal ini dibutuhkan agar apabila ada suatu akses yang terhalang, operator masih menjangkaunya dari akses yang lain.

12. Mengangkat Terlebih Dahulu Palet Sebelum Dipindahkan Ke Tempat Lain

Hindari untuk mendorong palet dengan garpu karena akan merusak lantai dan dapat mengganggu ke stabilan forklift.

13. Parkir Forklift Dengan Dengan Benar

Parkir forklift dengan posisi ujung garpu menempel di lantai dan dimasukkan ke dalam tempat garpu pallet. Ujung garpu yang menempel di lantai dan terlindung oleh palet akan meminimalisasi resiko orang lain tersandung karena garpu forklift.

14. Mencabut Kunci Forklift

Dengan mencabut kunci setelah selesai menggunakan forklift, kita dapat mencegah pemakaian forklift oleh orang yang tidak berkompeten.

15. Melakukan Three Point Contact

3 point contact ketika turun/naik forklift dapat tercapai jika salah satu tangan operator memegang handle dekat stir forklift sementara tangan lainnya memegang jok forklift. Ini akan mencegah operator terpeleset ketika naik/turun forklift.


banner percayakan indotara

Penulis: IRFAN

Editor: IQBAL


Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


Related Articles