Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Alat-alat modern ini bisa sangat membantu operasional industri Anda

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Fiki

Penulis: Fikario Adiyuda S.M.

Alat-alat modern ini bisa sangat membantu operasional industri Anda
Apakah Anda seorang manajer di suatu industri? Apakah Anda seorang pekerja kantoran atau siapapun, Anda pasti pernah melihat dan menggunakan alat ini. Karena semua alat itu pasti ada dan diperlukan dalam kegiatan industri. menanganinya di sana. Bukan hanya satu, tapi banyak. Apalagi jika industrinya sudah berkembang. Jenis peralatan yang berbeda tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula.

Dalam dunia industri tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti hand pallet, hand stacker, forklift. Meskipun semua ini termasuk dalam peralatan penanganan material, semua alat transportasi ini memiliki fungsi yang berbeda. Di bawah ini saya akan menjelaskan peran transportasi satu per satu:

Hand Pallet

Merupakan alat yang dirancang sebagai alat angkut untuk memindahkan muatan di atas pallet dengan kapasitas berat tertentu untuk memudahkan pekerjaan operator dan menghemat waktu saat memindahkan suatu barang dari satu area ke area lainnya. Alat ini menggunakan tenaga hidrolik dengan sistem pompa untuk menaikkan atau menurunkan beban yang diangkat. Alat ini sangat ideal digunakan di pabrik, gudang, toko, dan lainnya. Hand pallet dapat mengangkut beban mulai dari 1 ton hingga 5 ton, dengan kapasitas angkat 20 cm hingga 80 cm. Ada beberapa jenis hand palet, yaitu:
  1. Hand Palet manual
  2. Hand palet elektrik
  3. Timbangan hand palet
  4. Gulungan hand paletHand palet stainless steel
 
Stacker

Merupakan alat angkut yang dirancang untuk bergerak sekaligus mampu mengangkat beban dengan kapasitas dan ketinggian angkat tertentu. Dengan sistem kerja hydraulic dioperasikan dengan pompa pada saat mengangkat dan menurunkan beban diatas pallet kayu atau plastik. Desain garpu/garpu yang dapat disesuaikan (width adjustable) membuat alat angkut ini mudah digunakan dan cocok untuk semua jenis pallet. Penggunaannya juga dinilai sangat efektif dan memudahkan pergerakan dan penataan barang oleh operator di pabrik, gudang, toko, ekspedisi, dll. Kapasitas muat 1 ton sampai 2 ton, dan kapasitas angkat 1,6 meter sampai 5 meter. Ada beberapa jenis hand stacker, antara lain:
  1. Stacker manual
  2. Stacker manual semi-listrik
  3. Stacker manual elektrik
  4. Stacker straddle
 
Forklift

Merupakan alat transportasi untuk memindahkan barang-barang berkapasitas besar di dalam dan di luar ruangan, termasuk bongkar muat barang di pelabuhan, pabrik, gudang, ekspedisi, supermarket, dll. Operasi listrik, mampu menaikkan dan menurunkan beban dan bermanuver jarak yang cukup jauh. Operator dapat dengan mudah mengoperasikan alat dari dalam kabin, yang dilengkapi dengan berbagai fungsi, termasuk layar LCD digital multifungsi, tombol pengatur kecepatan, alarm, rem otomatis, sabuk pengaman, dan lainnya. Alat ini sangat ramah lingkungan dan tidak berpolusi, bahkan dilengkapi dengan sistem manajemen baterai canggih untuk mengoptimalkan masa pakai baterai dan menghindari pemborosan. Penggunaan forklift dinilai sangat membantu karena selain dapat menghemat biaya operasional, Efisiensi kerja juga ditingkatkan. Kapasitas angkat forklift umumnya antara 1 ton hingga 10 ton, dan kapasitas angkat setiap forklift bisa mencapai ketinggian 3 meter hingga 7 meter. Ada beberapa jenis forklift, antara lain:
  1. Reach truk
  2. Forklif elektrik
  3. Forklif diesel
  4. Forklif LPG/bensin