Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa Itu Dock Leveler

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Marchellino

Apa itu Dock Leveler

Apa itu Dock Leveler? - Apa itu Dock Leveler? Dock Leveler ialah alat bantu yang menjembatani jarak antara kendaraan dengan  pengangkut barang melalui pintu warehouse, sehingga dapat mempermudah proses pemindahan barang tersebut. Proses pemindahan barang ini biasanya dilakukan dari dalam area gudang menuju ke container. Dock leveler biasa di install di area loading dock, di mana container merapatkan pada loading dock tersebut, dan dock leveler bekerja sebagai jembatan antara area gudang dan container. Dock leveler menjadi alat yang sangat penting agar forklift dapat menuju container dengan aman.

Agar mempermudah proses pemindahan barang tersebut, tinggi atau rendahnya dock leveler ini dapat disesuaikan dan dioperasikan secara elektrik yang ditempatkan pada bagian pintu masuk warehouse.

Dock Leveler juga dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada proses loading atau unloading barang. Selain itu, Dock Leveler ini juga memiliki salah satu fitur untuk mengetahui kapasitas bobot dan ketinggian yang aman dalam proses pemindahan barang. Sehingga hal ini dapat mengurangi resiko kecelakaan saat bekerja.

Baca Juga:


Sudah cukup jelas apa itu Dock Leveler, sekarang saya akan bantu menjelaskan macam-macam Dock Leveler. Dock leveler pada umumnya dibedakan berdasarkan ukuran plate dan juga kapasitasnya. Ukuran permukaan tentu menentukan jenis kendaraan apa yang akan melalui dock leveler tersebut. Biasanya dock leveler dibuat sedikit lebih lebar dari pintu container. Hal ini untuk memudahkan proses loading dan unloading. Selain itu, kapasitas juga penting. Kapasitas akan menyesuaikan dengan kendaraan yang melintas dan beban yang diangkut. Dock leveler juga dibedakan berdasarkan jumlah hydraulic liftingnya. Ada yang menggunakan 1 buah hydraulic dan ada juga yang menggunakan 2 buah hydraulic.

Feature yang terdapat pada Dock Leveler yaitu :
  1. Mempunyai kaki-kaki yang terdiri dari 3 Fragment yang dapat mencegah resiko nya kecelakaan, dan mencegah kerusakan saat dioperasikan.
  2. Terdapat dua bumper karet laminasi yang dilapisi dengan serat anyaman di bagian dalamnya, sehingga dapat menahan guncangan apapun seperti truk dan lainnya.
  3. Instalasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, apakah dimasukkan ke dalam tanah, atau dilas menggunakan pit.
  4. Terdapat tombol Emergency yang dapat digunakan dalam keadaan mendesak atau darurat. Saat terjadinya kendala dalam proses loading atau unloading barang ke warehouse atau container.
  5. Bentuk tepi bibir Dock Leveler ini didesain meruncing untuk memfasilitasi keluar atau masuknya kendaraan dengan lebih mudah.
PT. Indotara Persada menyediakan Dock Leveler terbaik dengan brand Shigemitsu. Kami memiliki beragam ukuran standard dan juga kapasitas. Namun kami juga menerima jika Anda ingin membuat sesuai dengan ukuran dan kapasitas yang Anda butuhkan. Dock Leveler Shigemitsu memiliki garansi hydraulic selama 3 tahun. Kami memiliki teknisi yang handal, sparepart yang lengkap, serta produk yang kualitasnya tidak perludiragukan lagi.