Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa Itu Espresso Dan Apa Yang Bisa Dihasilkan Dari Mesin Espresso

Editor: Fiki
Apa Itu Espresso Dan Apa Yang Bisa Dihasilkan Dari Mesin Espresso
Apa itu espresso?

Espresso adalah kopi yang diseduh dengan tekanan dan suhu tinggi. Kopi espresso dibuat dengan cara ditekan, atau biasa dikenal dengan istilah "tamping", setelah kopi digiling hingga halus dan melewati proses roasting bean. Kopi kemudian diseduh pada suhu tinggi di bawah tekanan tinggi, menghasilkan ekstrak kopi yang kaya. Rasa dan teksturnya yang kaya menjadikannya sebagai bahan dasar atau pondasi untuk menyiapkan berbagai menu kopi seperti Kopi hitam, latte dan lainnya.

Perjalanan espresso

Espresso berarti "kopi yang ditekan" dalam bahasa Italia. Kopi hitam (Kopi Tubruk) espresso pertama kali ditemukan oleh Luigi Vetsera. Awalnya, kopi dibuat dengan air mendidih, tetapi Bezzera menemukan cara untuk menyeduh kopinya dengan cepat dalam ukuran kecil, dengan rasa yang kuat.

Uap bertekanan.

Saat espresso semakin populer, mantan barista dari Milan, Achille Gaggia, menemukan mesin yang dapat memberikan lebih banyak tekanan dalam 15 detik. Menurut cerita, Gaggia terinspirasi dari jip Angkatan Darat AS dan menggunakan sistem hidrolik untuk membuatnya lebih cepat dan bertenaga. Berkat penemuan dan inovasi ini, Anda dapat menikmati espresso yang nikmat dalam waktu singkat.

Perbedaan espreso dan kopi


Pada dasarnya, kopi adalah cairan yang diekstraksi dari coffebean. Dalam beberapa hal, semua espresso adalah kopi, tetapi tidak semua kopi adalah espresso. Ada beberapa metode penyeduhan kopi, diantaranya adalah French press dan pour over.
Espresso biasanya disajikan dalam cangkir moka kecilnya yang berukuran 29ml, sedangkan secangkir kopi biasanya berukuran 235ml. Keduanya memiliki metode seduh yang berbeda. Mesin espresso biasanya dapat menghasilkan espresso dalam waktu 30 detik, tetapi kopi dibuat dengan menyuling air panas ke dalam bubuk kopi, sebuah proses yang memakan waktu lebih lama.
Espresso terasa lebih kuat dan kopi terasa lebih ringan karena perbedaan teknik dan kadar air.

Cara minum kopi espresso

Bagaimana Anda minum espresso sangat tergantung pada aficionado. Namun, jika Anda ingin menikmati espresso hitam klasik ala Italia, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Saat Anda memesan espresso di kafe, Anda biasanya disuguhi segelas air. Nah, air digunakan untuk menetralkan indera, sehingga Anda bisa menikmati semua rasa di cangkir Anda.
  2. Espresso dengan crema yang kental dan bening menunjukkan kualitas espresso yang baik. Namun, untuk memaksimalkan cita rasa espresso, beberapa ahli kopi menganjurkan untuk mengeluarkan crema dari cangkir kopinya dengan sendok.
  3. Aduk espresso dengan sendok untuk menyeimbangkan rasa dan teksturnya.
  4. Terakhir, mulailah dengan menikmati espresso dalam waktu yang lama, nikmati aromanya, dan cobalah satu atau dua teguk sebelum ditelan.

Sebagai catatan tambahan, jika Anda menikmati espresso, segera nikmati setelah disajikan, selagi masih hangat dan cremanya masih ada. Saat espresso hitam didinginkan, cremanya hilang dan tentu saja rasa kopinya berbeda. Dan berbeda dengan minuman kopi lainnya, espresso didesain untuk diminum dengan cepat atau dalam sekali teguk.

Di satu sisi, espresso penuh makna, sejarah, dan penemuan daripada kopi hitam untuk penambah energi. Meski kecil, sangat berguna dan penting bagi semua pembuat kopi susu.