Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa itu Wheel Loader

Editor: Rio
Apa itu Wheel Loader
Wheel Loader ialah salah satu alat berat yang terbilang mirip dengan Buldozer. Perbedaan yang  paling mencolok dari keduanya yaitu pada bagian roda, Wheel Loader ini sendiri menggunakan roda karet sedangkan Dozer Shovel menggunakan roda rantai. Demikian pula kemampuan serta pemanfaatan dari keduanya juga mempunyai perbedaan. Wheel Loader yang pada umum nya digunakan untuk memindahkan material ke dalam truk atau ke tempat lain.

Pada saat loader digunakan untuk menggali, bucket tersebut akan diarahkan lalu didorong ke material, apabila bucket telah penuh maka traktor akan mengangkat bucket berisi material ke atas lalu mundur perlahan untuk selanjutnya dipindahkan.

Wheel Loader sangat disarankan untuk digunakan pada daerah kerja yang rata, kering dan kokoh karena terbuat dari roda karet sehingga memiliki mobilitas yang tinggi. Wheel Loader ini sendiri juga bergerak dengan roda yang dapat dioperasikan dengan leluasa ke arah tertentu seperti mobil misalnya sehingga membuat ruang gerak menjadi fleksibel yang tidak dapat dilakukan oleh Dozer Shovel.

Macam-macam jenis dari Wheel Loader

Compact wheel loader - bertugas sebagai proses produksi dengan area kerja yang sempit. Alat tambahan nya bisa dipasang dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan operator.

Small wheel loader- hamper mirip dengan compact wheel loader, sangat pas digunakan untuk area yang sempit, namun  lebih fleksibel lagi dan bisa dipindahkan dengan mudah.

Medium wheel loader - wheel loader yang satu ini sangat populer karena bisa dimodifikasi yang mana bisa membantu operator untuk meningkatkan produktivitas kinerja.

Large wheel loader- wheel loader ini memiliki mesin yang sangat kokoh dan dibuat secara spesifik untuk pemakaian bidang industri. Jenis wheel loader ini menyediakan efisiensi yang cukup optimal bahkan di medan sulit sekalipun. Beberapa dari wheel loader jenis ini dirancang agar bisa dipasangkan backhoe, bucket dan scoop loader dan front-end.

Kegunaan Wheel Loader

Fungsi umum dari Wheel Loader ialah dipergunakan untuk memindahkan suatu material ke dalam truk pengangkut. Pada wilayah yang rata atau datar truk pengangkut dapat diposisikan di dekat loader sehingga fungsi loader untuk memindah material akan lebih mudah. Metode pemuatan pada alat loader baik dozel shovel maupun wheel loader dikenal 4 macam yaitu:

I – Shape cross loading

V – Shape loading

Pass loading

load and carry

Selain fungsi diatas, adapun fungsi lainnya yaitu :

Pembersihan untuk lapangan.

Penggusuran tanah.

Meratakan tanah dan mengisi galian tanah.

Melakukan stripping (mengeruk permukaan tanah yang kurang bagus).

Meratakan bagian permukaan bidang rata atau finishing.


Cara Penggunaan atau pengoperasian Wheel Loader

Cara pengoperasian wheel loader yaitu menurunkan bucket yang berada diatas permukaan tanah atau material, lalu mendorongnya ke depan (memuat atau menggusur material), mengangkat bucket yang sudah terisi, kemudian setelah itu wheel loader bergerak membawanya ketempat yang akan dikehendaki dan menumpahkan muatan

Berikut dari beberapa metode pengangkutan yang dapat dilakukan wheel loader untuk memuat material ke dalam dump truck, yaitu:

metode V loading, adalah untuk memuat material kedalam truck Wheel loader bergerak dengan lintasan berbentuk seperti huruf V.
metode L loading, adalah Wheel loader bergerak dengan lintasan seperti membuat garis tegak lurus, truk berada dibelakang wheel loader.
metode Cross loading, adalah cara pemuatan material ke dalam dump truck dengan kondisi dump truck yang juga ikut bergerak aktif.