Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa itu Wheel Loader?

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis:  Fikario Adiyuda, S.T.

pengertian wheel loader dan kegunaannya

INDOTARA.CO.ID - Wheel loader adalah salah satu alat berat yang mirip dengan bulldozer. Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah pada rodanya, wheel loader menggunakan roda karet sedangkan bulldozer menggunakan besi. Oleh karena itu, terdapat pula perbedaan kemampuan dan pemanfaatan keduanya. Wheel loader sering digunakan untuk mengangkut material ke truk atau ke tempat lain. Saat menggali dengan bucket, arahkan bucket dan dorong ke dalam material, dan jika ember penuh, mesin mengangkat bucket dengan material dan memindahkannya perlahan ke tempat yang diinginkan.

Wheel loader ideal dan efisien untuk digunakan di area kerja yang datar, kering, dan kokoh, karena menggunakan roda karet dan oleh karena itu sangat mudah bermanuver. Wheel loader juga dilengkapi dengan roda yang dapat bergerak bebas ke arah tertentu, seperti mobil, untuk menciptakan ruang fleksibel.
Jenis Loader
Ada dua jenis loader yang banyak digunakan untuk pekerjaan proyek, yaitu jenis wheel loader dan dozer, dan berbeda dalam beberapa hal, terutama dalam hal fungsionalitas dan kemampuan manuver. Wheel loader sering digunakan untuk proyek dengan medan yang keras, datar, dan kokoh di area permukaan karena kemampuan manuver yang baik dari jenis loader ini.

Blade dozer menggabungkan stabilitas dan fungsionalitas wheel loader. Namun, bilah dozer lambat dan sangat terbatas pergerakannya. Terlepas dari kekurangan ini, bilah dozer masih mampu bergerak di berbagai medan yang tidak bisa dilakukan wheel loader.

Fitur Wheel Loader
Fungsi umum dari wheel loader adalah untuk memindahkan material ke dalam truk angkut. Di area datar, truk angkut dapat ditempatkan di dekat loader untuk memudahkan tugas loader memindahkan material. Loader memiliki 4 metode pemuatan, bucket dan wheel loader:
  1. Crossload
  2. Shape Loading
  3. Pass Loading
  4. Load and Carry
Selain itu, fungsi lainnya antara lain:

Baca Juga:

  1. Pembukaan lokasi atau land clearing.
  2. Penggusuran tanah.
  3. Ratakan tanah dan isi galian.
  4. Lakukan peeling (pengerukan tanah dengan permukaan yang kurang baik).
  5. Permukaan bidang datar atau bidang finishing.

Sistem Kerja
Prinsip kerja wheel loader pada dasarnya sama dengan alat berat lainnya, dan mesin penggerak utama mengadopsi sistem penggerak hidrolik. Hal ini dikarenakan tenaga hidrolik dapat menghasilkan keluaran tenaga yang cukup besar sehingga cocok untuk pekerjaan berat seperti pengerukan atau pemindahan material.

Sebuah wheel loader dapat melakukan beberapa gerakan dasar dimana bucket akan menggali dan mengangkat material untuk dipindahkan ke truk angkut. Gerakan ember pada dasarnya adalah untuk menurunkan ember ke tanah, kemudian mendorongnya ke depan, dan kemudian mengangkat ember setelah itu membawa dan menuang muatan.

Aplikasi
Penerapan loader khususnya di bidang konstruksi adalah untuk menggali pondasi, terowongan dan basement, dengan syarat harus tersedia ruang yang cukup bagi loader untuk bekerja dengan aman dan fleksibel. Selain itu, alat tersebut dapat digunakan untuk memindahkan material yang tidak terpakai, misalnya pada pekerjaan terowongan dan area pertambangan.

Kekuatan dan kelemahan
Pemuatan atau pemindahan material ke truk pada awalnya dilakukan oleh excavator, tetapi karena kapasitas bucket loader yang lebih besar, loader menjadi sering digunakan. Ini memungkinkan lebih banyak material untuk diangkut sekaligus.

BOMAC wheel loader merupakan yang terbaik. Anda bisa dapatkan di PT. Indotara Persada. Anda tidak akan temukan di mana pun produk berkualitas tinggi dengan garansi 3 tahun.