Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

BAGIAN BAGIAN FORKLIFT DAN FUNGSINYA

Forklift adalah alat bantu yang digunakan untuk mengangkan beban beban berat atau bisa juga untuk memindahkan barang yang berupa kendaraan dan bisa juga seperti alat transportasi. Untuk menjaga keamanan kenyamanan dan juga keawetan forklift itu sendiri perlu juga dilakukan perhatian spare part secara rutin dan berkala, hal ini dilakukan guna untuk memperpanjang usia forklift itu sendiri.

Perawatan forklift tidak serta merta hanya menganti spare part yang telah rusak saja, hal yang diperhatikan juga ada cara pemakaiannya. Untuk mengenal lebih dalam tentang forklift berikut bagian bagian terpenting dalam forklift yang harus anda ketahui.

BAGIAN BAGIAN FORKLIFT DAN FUNGSINYA

Fork adalah bagian utama dari forklift yang fungsinya ialah untuk menopang dan untuk membawa serta mengangkat barang atau beban, Fork terbuat dari besi panjang dan lurus dengan panjang standart 1070mm dan bisa di tambah fork extension untuk bisa lebih panjang lagi.Meletakkan beban yang akan di angkat diatas fork harus diperhatikan untuk mengatur lebar fork,perlu diketahui juga dimensi beban dan kapasitas berat beban.
Carriage adalah bagian dari forklift yang sangat penting yang berfungsi sebgai penghubung antara mast dan fork karena ditempat ini fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran keamanan untuk barang barang di pallet disaat kondisi barang berada di atas mast lifting.

Mast merupakan bagian penting dan utama dari forklift, karena antara fork dan mast adalah satu kesatuan supaya forklift berjalan secara fungsinya. Mast sendiri terbuat dan terdiri dari dua buah besi yang tebal yang di antaranya terdapat komponen hidroulik sistem yang dalam satu kesatuannya berfungsi sebagai pengangkat atau menurunkan barang.Pada dasarnya mast ini fungsinya untuk lifting dan tilting.

Overhead Guard adalah atap atau pelindung untuk operator forklift yang fungsinya adalah melindungi operator jika saat melakukan pekerjaannya dalam mengangkat barang dan barang tersebut jatuh tidak langsung mengenai operator forklift dan jika di modifikasi bisa juga sebagai pelindung operator dari terik matahari dan hujan.

Counterweight merupakan bagian dari forklift yang fungsingnya menyeimbangkan beban yang diangkat dengan forklift itu sendiri,yang letaknya berada di belakang yang berlawanan dengan fork.sehingga kesetabilan forklift dan keseimbangannya terjaga.

Selain bagian bagian diatas masih banyak lagi komponen komponen terpenting dalam forklift. Perlu diperhatikan juga anda mengetahui komponen tersebut sebelum mengoperasikannya, karena walau sekilas sistem pengoperasionalanya hampir sama dengan mobil akan tetapi dalam kasusnya akan berbeda jika mengoperasinoalkan forklift, seperti sistem roda kemudi yang ada dibelakang dan juga perlu keahlian khusus untuk dapat menggunakanya, kesalahan sedikit akan sangat berakibat fatal seperti terbentur, barang yang diangkat jatuh dan yang bisa lebih parahnya jika salah perhitungan forklift bisa terbalik, maka dari itu ketahui kapasitas forklift anda dan ketahui juga berat beban barang yang mau anda angkat atau pindahkan, kenali semua fungsi dari komponen atau spare part dalam forklift. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di ulasan menarik lainnya tentang forklift

 

" Pilihlah Distributor yang memberikan Pelayanan & Service Terbaik bagi Kepuasan Pelanggan "

banner percayakan indotara

Yang pertama tentukan kapasitas atau tonase jenis berat beban barang yang anda mau angkat, karena ada banyak kapasitas yang dan jenis forklift yang tersedia, Misal forklift dengan kapasitas 3 ton, 5 ton, 7 ton, 10 ton, Dst. Ini berguna untuk anda membeli forklift sesuai dengan kebutuhan.ketahui juga dimensi benda yang mau diangkat dan seberapa tinggi beban yang mau anda angkat, karena itu akan sangat mempengaruhi kinerja forklift anda. Semakin besar dimensi dan semakin tinggi beban angkat akan memperberat beban forklift sehingga forklift yang anda pakai harus lebih besar kapasitasnya dari berat beban, Contoh jika anda memiliki barang yang mau diangkat dengan Forklift dengan berat 3 ton, normalnya anda pakai forklift dengan kapasitas 3 ton, dengan syarat dimensi beban tidak lebih dari 1 meter persegi dikarekan standart load center forklift 3 ton 500mm. Jika melebihi beban dan kapasitas standart maka anda harus menurunkan kapasitas bebannya atau andai pakai forklift yang lebih besar.
Penulis : Irfan N
Editor : Iqbal


Banner Product Bomac

List-Produk-Artikel-Bomac


Related Articles