Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Beberapa Jenis-Jenis Dari Es Krim

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Rio

Penulis:Fatimah

Beberapa Jenis-Jenis Dari Es Krim
Ice cream merupakan makanan olahan susu beku yang terbuat dari krim atau lemak mentega, susu, gula, dan perasa. Puding beku dan es krim jenis Prancis juga mengandung telur. Ratusan rasa telah dirancang, yang paling terkenal dan sering dijumpai  adalah vanila, cokelat, dan stroberi. Asal usul es krim diketahui mencapai kembali sejauh abad kedua SM, meskipun tidak ada tanggal spesifik asal atau penemu yang tidak dapat disangkal dikreditkan dengan penemuannya. Seperti yang sudah diketahui bahwa Alexander Agung menikmati salju dan es yang dibumbui dengan madu dan nektar. Referensi Alkitab juga menunjukkan bahwa Raja Salomo menyukai minuman es selama panen. Selama Kekaisaran Romawi, Nero Claudius Caesar (54-86 M) sering mengirim pelari ke pegunungan untuk salju, yang kemudian dibumbui dengan buah-buahan dan jus. Marcopolo kembali ke italia dari china dengan membawa resep yang sekarang disebut “sherbet”.  Menurut Rozin (2006), makanan memberikan kontribusi sensorik melalui rasa, aroma, tekstur, penampilan, yang mana hal tersebut dapat merepresentasikan budaya, sosial, ekonomu dan faktor psikologi.

Es krim harus mengandung setidaknya 10 persen lemak susu, agar bisa disebut es krim, dan ada aturan pula untuk makanan olahan susu beku lainnya. Sebagai contoh: soft ice cream mengandung bahan yang sama seperti es krim, tetapi mesin soft ice cream menambahkan udara saat membeku, yang membuatnya “lebih lembut” daripada hard ice cream. Seperti es krim, custard beku harus mengandung setidaknya 10 persen lemak susu dan juga memiliki 1,4 persen padatan kuning telur. Sherbet/sorbet mengandung sedikit lemak susu – biasanya 1 hingga 2 persen. (Sementara itu, sorbet tidak mengandung bahan susu). Yoghurt beku mirip dengan es krim, tetapi bahan-bahannya telah diolah. Gelato, es krim ala Italia, mengandung lebih sedikit lemak (lemak susu) dan diaduk perlahan, sehingga menghasilkan rasa yang lebih padat. Di era modern ini tidak perlu khawatir untuk membuat ice cream baik soft ice cream maupun hard ice cream, karena teknologi di zaman modern ini semakin berinovasi dan semakin canggih. Di mana para ahli telah merancang mesin untuk membuat soft ice cream dan hard ice cream. Dari skala rumahan maupun untuk industri dan bisnis.

Selain berbagai macam jenis dan olahan ice cream, mengkonsumsi es krim dapat merangsang Thrornbotonin, zat kimia otak yang juga dikenal sebagai Serotonin. Bahan kimia ini bertanggung jawab untuk membantu tidur, belajar, dan suasana hati secara keseluruhan. Dopamin juga dilepaskan saat makan es krim, yang merupakan penguat suasana hati alami otak yang bertanggung jawab atas kegembiraan dan kesenangan.