CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT

CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT - Forklift alat bantu kendaraan yg sering digunakan tuk berbagai keperluan khususnya tuk mereka yg berkecimpung dalam dunia logistic, dimana fungsi utamanya sebagai alat transportasi dan pengangkat barang-barang khusunya tuk barang-barang berat. Tuk menjaga keawetan sebuah forklift dibutuhkan perawatan tersendiri, pergantian spare part forklift pada bagian-bagian yg rusak menjadi keharusan guna memperpanjang masa guna forklift dan juga agar tidak berimbas pada bagain-bagaian yg lain. Perawatan forklift tidak hanya sebatas pada pergantian spare part forklift yg telah rusak numun termsuk cara pakai itu sendiri, tuk lebih mengenal pemakaian sebuah forklift berikut ini beberapa bagian dari forklift yg harus anda ketahui.

Baca Juga : PERAWATAN FORKLIFT
TIPS PENTING SEBELUM MEMBELI FORKLIFT
PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI

CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT - Fungsi Dan Bagian Forklift

CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT

Fork Carriage
Fork Merupakan bagian utama dari kendaraan forklift yg berfungsi sebagai penopang untuk membawa dan mengangkat barang. Fork berbentuk dua buah besi lurus dgn panjang rata-rata 2.5 meter. Posisi peletakan barang di atas pallet masuk ke dalam fork juga menentukan beban maksimal yg dapat diangkat oleh sebuah forklift Carriage merupakan bagian dari spere part forklift yg berfungsi sebagai penghubung antara mast dan fork. Ditempat inilah fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran dan pengaman bagi barang-barang dalam pallet tuk transportasi atau pengangkatan.

Mast
Overhead Guard
Mast merupakan bagian utama terkait dgn fungsi kerja sebuah fork dalam forklift. Mast adalah satu bagian yg berupa dua buah besi tebal yg terkait dgn hydrolic system dari sebuah forklift. Mast ini berfungsi tuk lifting dan tilting.
Overhead guard adalah pelindung bagi seorang forklift driver. Fungsi pelindungan ini terkait dgn safety user dari kemungkinan terjadinya barang yg jatuh saat diangkat atau diturunkan, juga sebagai pelindung dari panas dan hujan.

CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT - Mengenal Jenis Transmisi

Sebelum mengoprasikan forklift sebaiknya anda menggunakan pakaian untuk keamanan seperti Helm, sepatu, masker, & kacamata.

Jenis Transmisi Forklift :

1. Matic
Menggunakan tenaga battray atau accu karena ramah lingkungan. Pada umum nya matic lebih mudah dari pada manual cuma yang membedakan tuas handle nya. Tuas handle untuk matic ada 4.

1.  Naik turun
2.  Maju mundur
3.  Cungkil
4.  Geser kanan kiri

Untuk forklift matic biasanya digunakan pada perusahaan yang bebas polusi/asap seperti, Garment, Produk Makanan Dll. Begitu juga dengan roda, ada 4 buah roda mati atau tidak hampa udara. Untuk pengoprasian forklift matic gampang sekali pedal bawah sebagai rem dan kopling apabila diinjak berati kopling dipegang, apabila dilepas berarti Rem akan berfungsi. Kalau untuk menjalankannya hanya untuk memajukan handle lalu jalan maju atau mundur dan tidak ada gigi.

2. Manual
Forklift manual menggunakan bahan bakar solar. Sebenarnya banyak sekali kapasitas dari Forklift. Ada kapasitas 3 ton, 5 ton, bahkan 8 ton lebih. Pada Pedal bagian bawah ada gas, kopling, dan rem (Seperti mobil). Forklift manual biasanya digunakan di tempat outdoor, karena menghasilkan polusi yang cukup banyak dari knalpot. Cara menjalankanya agak sulit karena tidak seperti menjalankan mobil pada umumnya. Karena roda forklift yang dapat berbelok pada bagian belakang. Untuk handel paling kanan ada gigi maju dan mundur, sebelahnya ada perseneleng gambar kura-kura artinya gigi 1. Gambar kijang artinya gigi 2. Lalu untuk handel kiri dari kemudi ada naik turun dan cungkil. Yang membedakan forklift manual dengan matic adalah tidak ada tuas maju mundur dan geser nya sehingga lebih sulit dari matic

banner percayakan indotara
Penulis: SILVANUS
Editor: IQBAL


Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


Related Articles