Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA MERAWAT FORKLIFT SEHARI HARI

CARA MERAWAT FORKLIFT SEHARI HARIUntuk memperpanjang umur forklift anda ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk merawat forklift anda,karena jika perawatan secara berkala bisa anda lakukan setiap hari akan berdampak pada penekanan biaya service service berat nantinya,sama halnya seperti merawal mobil,motor dll,forklift juga harus selalu dijaga kondisinya supaya selal prima dan siap untuk dipergunakan setiap saat secara maksima.Dan berikut saya coba ulas dan saya akan coba sedikit jelaskan beberapa tips dan bagaimana cara merawat forklift yang baik dan benar untuk rutin setiap harinya.

Baca Juga : MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG FORKLIFT DAN JENISNYA
PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM FORKLIFT

Hal hal yang harus diperhatikan saat pengecekan dan perawatan forklift untuk setiap harinya:

1 Pengecekan Baterai atau accu, Pastikan air baterai atau accu sesuai dengan level air standart accu, Untuk pengisian air accu selalu gunakan hand glove atau saat pengisian gunakan selang atau pipa,untuk menghindari cipratan air accu yang bisa membuat luka ditangan.
2 Pengecekan Radiator,anda bisa melakukanya setiap pagi sebelum memulai aktifitas sebelum mesin panas,tapi jika mesin sudah panas saat pengecekan air radiator lakukanlah saat kondisi mesin hidup.intinya cek selalu keaadan air radiator.
3 Pengecekan level oil mesin bisa anda lakukan setiap pagi atau sebelum memulai aktifitas apabila oli sudah mengalami kekurangan anda bisa lihat kembali kapan terakhir anda ganti oli,jangan sampai anda mengulur ulur untuk mengganti oli mesin anda jika memang sudah saatnya.
4 Sama halnya dengan cek level oil mesin level solar juga harus anda cek sebelum ,melakukan rutinitas,karena jika isi solar pada tangki sampai abis dan mogok,maka untuk pengisian solar dilakukan dengan mengeluarkan isi anginnya terlebih dahulu dengan memompa pada filter,baru bisa dilakukan pengisian,jika hal itu terjadi akan sedikit memakan waktu dan mengurangi efisiensi kerja.
5 Cek kondisi sistem pengereman apakah dalam kondisi bagus atau tidak,cek tingkat kepakeman rem,guna untuk memberikan keselamatan kerja anda.
6 Kemudian cek kondisi tekanan ban forklift anda untuk ban depan standart100-120 psi,dan untuk ban belakang standart 80-100 psi.cek juga kondisi ketebalan ban,jika sudah terlihat guratan guratan benang segera untuk diganti,ingat anda mengunakan forklift untuk beban berat,jika meledak saat beroperasi itu akan sangat merugikan juga membahayakan keselamatan kerja anda.
7 Cek bagian bagian lain terutama grace atau gemuk (pelumas)semua bagian forklift yang menggunakan pelumas sebaiknya dicek,ini anda bisa lakukan sebelum atau sesudah memakai forklift.
8 Nah yang terakhir dan terlihat sepele tapi sering diabaikan,lap forklift yang anda gunakan dengan kain lap setiap digunakan,minimal body nya,atau bisa dicuci seminggu 2 kali atau minimal seminggu sekali,semakin anda rajin merawat maka akan semakin panjang usia forklift anda.

Semoga artikel saya tentang bagaimana cara merawat forklift untuk periode harian ini bermanfaat dan sedikit,dan sampai juga di artikel saya selanjutanya untuk perawatan bulanan dan maintenace service nya.

 " Pilihlah Distributor yang memberikan Pelayanan & Service Terbaik bagi Kepuasan Pelanggan "

banner percayakan indotara

Penulis : IRFAN
Editor : IQBAL


Banner Product Bomac

List-Produk-Artikel-Bomac


Related Articles