Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara pembersihan dan perawatan grinder

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Juliano Fransiscus, S.Kom.

Cara pembersihan dan perawatan grinder

CARA PEMBERSIHAN DAN PERAWATAN GRINDER - Pada dunia industri kopi makin hari makin berkembang, mulai dari knowledge sampai dengan pelaku usahanya pun semakin bertambah jumlahnya. Para pelaku usaha kopi khususnya di segment Kedai kopi atau Coffee Shop pastinya sangat memperhatikan sekali terkait perawatan berkala peralatan penunjang operasional kedai atau coffee shop mereka, salah satu yang tidak pernah luput dari perhaitan tersebut yaitu alat penggiling kopi yang biasa disebut Coffee Grinder.

Coffee grinder bagi para pelaku kopi dianggap sebagai bagian yang paling penting dari pembuatan sebuah sajian kopi. Karena mulai dari penggilingan yang akurat, konsisten serta optimal sebuah sajian kopi yang nikmat pastinya akan selalu bisa disajikan oleh kedai tersebut. Jadi perawatan grinder kopi tidak hanya persoalan faktor higienis atau kebersihan, tapi juga meliputi atau akan berdampak lurus terhadap performa grinder yang akhirnya berujung kepada sebuah sajian kopi. Lalu apa saja yang perlu di perhatikan dan bagaimana perawatan sebuah Grinder kopi? Yuk, ikuti artikel ini sampai selesai.

Hal pertama yang perlu kita perhatikan agar adalah pemilihan jenis grinder, pastikan gridner yang kita pilih merupakan grinder yang sesuai untuk metode penyajian kopi yang kita buat. Karena terdapat dua jenis penyajian kopi yaitu Espresso bassed, dimana sajian ini membutuhkan grinder yang mampu bekerja lebih berat karena ukuran gilingan untuk penyajian metode ini cukup halus yaitu di level fine sampai dengan medium fine. Selanjutnya untuk metode penyajian yang kedua yaitu Manual Brew, pada metode ini grinder cukup memiliki kemampuan giling di level coarse sampai medium coarse, dimana grinder akan bekerja lebih ringan karena bubuk kopi yang dihasilkan lebih kasar.

Kedua, pastikan roasted bean atau biji kopi yang kita giling selalu dalam keadaan segar. Karena biji kopi yang sudah tidak segar (lembek) dapat mempercepat Burr atau mata pisau menjadi tumpul. Kesegaran biji kopi bisa selalu kita jaga dengan cara selalu menguras biji kopi pada bean hooper setiap kali kita sudah selesai operational, diusahakan terhindar oleh paparan sinar matahari langsung dan berada di ruangan yang sejuk. Pastikan biji kopi tertutup rapat setiap kali disimpan dalam ruangan yang sejuk.

Baca Juga:

Ketiga, pembersihan berkala di bagian Burr atau mata pisau sebuah grinder. Pastikan hal ini rutin dilakukan sesering mungkin, Burr atau mata pisau cukup di bersihkan menggunakan sikat kering dan sangat dihindari pembersihan menggunakan air. Maka dari itu burr pada grinder harus sesering mungkin di bersihkan, jangan sampai kerak atau noda dari kopi yang kita giling terlanjur sulit di bersihkan sehingga akan mempengaruhi performa mesin penggiling atau coffee grinder kita.

Itulah tips perawatan Grinder kopi, cukup mudah kan? Selamat mencoba.