Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cold Storage Untuk Penyimpanan Produk Pangan Dalam Waktu Lebih Panjang

Editor: Ipin
Cold Storage Untuk Penyimpanan Produk Pangan Dalam Waktu Lebih Panjang
Cold storage untuk penyimpanan produk pangan dalam waktu lebih panjang - Kembali lagi Bersama kami PT. Indotara persada untuk kali ini kami akan menjelaskan untuk pentingnya cold storage dan fungsinya dalam penyimpanan bahan makan supaya lebih lama lagi untuk kedepannya, Untuk Cold storage ini atau orang umum menyebutkan biasanya di sebut dengan kulkas besar, secara umum memang benar untuk penyebutannya dan untuk cara cold storage beroperasi sama dengan kulkas yang membedakannya adalah biasanya dari ukuran nya dan suhunya yang di capai bisa sampai -20 lebih.

Pengertian Cold Storage

Cold Storage merupakan ruangan atau gudang yang dirancang khusus menggunakan suhu rendah untuk menyimpan berbagai macam produk seperti produk yang mudah rusak (transient) untuk mempertahankan kesegarannya ataupun agar lebih Lama

Cara operasinya sendiri hampir mirip seperti kulkas akan tetapi cold storage memiliki ukuran yang besar dan luas. Cold capacity juga memiliki pengaturan suhu yang dapat diatur tergantung kebutuhan produk yang ada didalamnya.

Cold storage memiliki beberapa jenis yang umum dikenal ada 4 jenis yaitu chilled room, cooler room, impact cooler dan impact chiller. Pada umumnya sama akan tetapi yang membedakan adalah pengaturan suhunya.

Chilled room : Cold capacity jenis ini berfungsi untuk menyimpan bahan makanan segar biasanya seperti sayur dan buah dengan daya tahan sekitar 2 bulan. Kondisi suhu pada chilled room antara 10 derajat sampai 0 derajat C.

Cooler room : Cold capacity ini digunakan untuk menyimpan makanan hingga beku seperti ikan, daging, susu dan lainnya. Suhunya yaitu antara - 15 derajat C sampai dengan - 20 derajat C.

Impact Chiller : Cold capacity ini biasanya digunakan untuk pengawetan jangka pendek, dimana produk yang dibekukan dapat dicairkan dalam waktu yang cepat. Suhunya biasanya antara 1 derajat C sampai dengan 4 derajat C.

Impact Cooler : Cold capacity ini biasanya digunakan untuk produk yang akan diawetkan dalam jangka panjang namun dapat membekukan produk dalam waktu yang singkat. Suhu ruangnya biasanya antara - 25 derajat C sampai dengan - 35 derajat C.

Cara Perawatannya

Tentunya karena cold capacity merupakan ruangan berpendingin dalam perawatannya yang sangat penting perlu diperhatikan pastinya adalah kestabilan suhunya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat memasukan suatu produk ke dalam ruangan perlu dilakukan dengan hati sesuai dengan SOP agar suhu luar tidak masuk dan mengganggu kestabilan suhu. Kemudian ada juga pre-cooling produk, di mana suhu produk yang akan dimasukkan ke dalam cold capacity harus disesuaikan terlebih dahulu agar tidak merusak kestabilan suhunya. Dan kami menyediakan sparepart dan kebutuhan untun unit anda semua.

Berikut untuk penjalasan dari cold storage dari kami, anda semua tidak perlu khawatir bila mencari cold storage bisa langsung menghubungi kami untuk cold storage berkualitas dan Bisa langusng menghubungi cabang kami, sales kami di selusruh Indonesia.