Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

FORKLIFT SOLUSI PENINGKATAN KUALITAS KERJA

forklift soulsi peningkatan kualitas kerja artikel2Dewasa ini dunia sedang disibukkan dengan adanya krisis ekonomi global. Hal ini pun berdampak besar terhadap kestabilan ekonomi di Indonesia. Tingginya permintaan karyawan/buruh untuk kenaikan gaji makin menjalar. Banyak perusahaan-perusahaan swasta juga pabrik-pabrik yang memenuhi permintaan tersebut, namun tidak sedikit juga perusahaan yang terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya.
Di Indonesia masih ada perusahaan yang masih menggunakan tenaga manusia langsung untuk mengangkat ataupun memindahkan barang. Pemutusan hubungan kerja yang terpaksa dilakukan perusahaan tersebut pasti memberikan dampak yang buruk. Akibat berkurangnya karyawan tersebut, beberapa pekerjaan pasti dikerjakan dengan tidak optimal dan memakan waktu yang lama, sehingga mengurangi efisiensi waktu. Contohnya ada suatu barang di gudang yang harusnya diangkat dan dipindahkan oleh 10 orang, yang terjadi hanya diangkat dan dipindahkan oleh 5 orang.
Oleh karena itu perlu adanya suatu alat yang bisa menggantikan 5 orang pekerja yang mengangkat dan memindahkan barang dengan tenaga manusia langsung menjadi 1 orang pekerja untuk menjadi operator alat tersebut. Alat tersebut adalah Forklift. Forklift adalah Alat yang didesain untuk mengangkat dan memindahkan barang khususnya barang berat secara efektif dan efisien. Adapun bagian-bagian dari forklift sebagai berikut:

bomac specification

1.  
  
Dilengkapi dengan sepasang garpu (fork) yang berfungsi sebagai penahan beban tentunya barang yang sudah berada diatas pallet sehinga fork tersebut dimasukan ke dalam celah-celah pallet untuk diangkat.
2.
 
Kemudian ada Mast yang merupakan bagian utama dari Forklift yaitu berbentuk sepasang besi yang cukup tebal yang berkaitan dengan hydrolic system yang mempunyai fungsi sebagai pengangkat (Lifting).
3.
  
Diantara Fork da Lifting dibagian depan forklift ada carriage yaitu sebagai penghubung kedua komponen tersebut yang juga berfungsi sebagai sandaran.
4.

 
Dibagian atas forklift ada Overhead Guard yang berfungsi sebagai pelindung driver forklift manakala ada barang konstruksi, bebatuan atau benda apapun yang jatuh menimpa driver forklift, selain itu overhead pun melindungi driver dari hujan dan panas.
5.
 
Dan terakhir dibagian belakang forklift ada Counterweight yang berfungsi sebagai penyeimbang beban yang berada pada bagian Fork.
Dengan adanya forklift pekerjaan akan cepat selesai dengan hasil yang memuaskan tanpa harus melibatkan banyak orang yang bekerja. Inilah bentuk real bekerja secara efektif dan efisien yaitu dengan mendayagunakan kualitas SDM dan teknologi. Tetapi disamping itu dengan perkembangan tekhnologi yang ada, terkadang kita susah untuk menentukan forklift yang memiliki kualitas baik namun harganya terjangkau, untuk itu BOMAC hadir di tengah-tengah krisis ekonomi global ini. Selain harganya bersaing, BOMAC FORKLIFT mempunyai garansi 3 tahun atau 2000 jam. Dan hanya PT.INDOTARA PERSADA distributor tunggal untuk product BOMAC FORKLIFT yang menjamin ketersediaan sparepart dan after sales service kepada konsumen.


Penulis : Yusuf Salama
Editor : Takiyudin


Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


Related Articles