Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fungsi Conveyor System

Editor: Fiki
Fungsi Conveyor System
Conveyor system biasa disebut sebagai bagian dari suatu peralatan mekanis yang juga mengangkut material/beban dari satu area/tempat ke area/tempat lain. Sistem ini sangat berguna saat ada barang/beban yang diangkut dan dipindahkan dari satu area/tempat ke area/tempat lain. Adanya conveyor sistem ini membuat proses pemindahan beban/barang lebih mudah, cepat dan nyaman.


Keuntungan Conveyor System

Dalam pergudangan industri, conveyor sangat penting. Sistem Conveyor ini dirancang mampu menahan beban/barang kerja yang berat dan kondisi cuaca yang ekstrim. Kemampuan sistem ini disesuaikan sudut tertentu untuk membantu saat pemindahan material. Selain itu, fungsi pemakaian sistem ini memberikan banyak keuntungan.

Salah satunya yang penting ialah conveyor sistem mampu menghemat pemakaian tenaga kerja manusia. Apabila tidak menggunakan conveyor, maka bahan material Industri dipindahkan secara manual. Proses ini tentu membutuhkan waktu lebih lama dan perekrutan sumber daya tenaga kerja yang banyak. Bentuk solusi, conveyor komersial telah digunakan pada berbagai industri misalnya makanan, manufaktur, farmasi dan transportasi.


Jenis Conveyor

Conveyor tersedia berbagai jenis, ukuran dan bentuk. Model Conveyor berubah tergantung pada suatu jenis industri di mana sistem tersebut difungsika/digunakan.

Contoh beberapa tipe/jenis umum conveyor dalam industri saat ini:

1. Belt Conveyor =  digunakan/difungsikan untuk membantu proses memindahkan barang dalam jumlah yang besar atau barang yang berat. Dalam kawasan perindustrian, belt conveyor sangat dibutuhkan/berguna untuk memindahkan produk atau bahan mentah dari suatu area/tempat ke area/tempat lainnya.

2. Telescopic Belt Conveyor = merupakan conveyor bongkar muat otomatis yang mampu diperpanjang hingga mencapai 20 kaki dan mencapai kontainer 40 kaki. Conveyor ini sering digunakan pada bidang logistik, pelabuhan, stasiun, bandara dan pergudangan.

3. Roller Conveyor = merupakan conveyor yang menggunakan roller untuk mengangkut/memindahkan barang. Dalam proses pemindahan, roller conveyor ada yang menggunakan gaya gravitasi bumi. Namun ada juga menggunakan Electric yang berfungsi menarik atau mendorong beban.

4. Conveyor Vertikal = merupakan alat yang digunakan/difungsikan untuk mampu mengangkut bahan/barang produksi dengan beban berat tertentu secara vertikal dengan memakai/menggunakan motor penggerak.

5. Chain Belt Conveyors = Sistem ini diciptakan/dirancang untuk membawa produk/barang dengan volume yang tinggi.


Manfaat Conveyor dalam Industri

Seperti dijelaskan di atas, Conveyor merupakan suatu alat mekanis yang sangat berguna dan penting dalam berbagai industri. Keuntungan Conveyor adalah mampu menghemat/mengurangi pemakaian tenaga manusia. Namun keuntungan tersebut dari sistem conveyor memberikan banyak manfaat, misalnya :

* Mampu memindahkan suatu barang dengan kemiringan tertentu = conveyor tidak hanya mengirimkan dan menyalurkan beban/barang secara horizontal, Conveyor tersebut dirancang dengan kemiringan tertentu dan memungkinkan suatu material, baik besar maupun kecil mampu dipindahkan dari suatu ketinggian tertentu secara mudah.

* Mampu bekerja terus menerus = Conveyor menawarkan sistem peluang kerja tanpa batas waktu, yaitu dalam memuat barang/beban dan menurunkan barang/beban secara terus-menerus dalam masa waktu yang lama.

* Kecepatan conveyor bisa dikontrol = Conveyor mempunyai sistem kontrol yang mudah, yaitu dalam mengatur kecepatan jalannya conveyor saat memindahkan material.

* Konveyor mampu bergerak ke dua arah = fungsi ini sangat berguna saat barang/beban perlu dipindahkan di antara ujung ke ujung yang berlawanan.

 
Conveyor digunakan hampir di setiap industri, di mana barang/beban perlu dipindahkan. Misalnya pada pabrik pembotolan, pabrik pembuatan plastik, pusat daur ulang dan lain-lain. Sistem conveyor ini  digunakan pada setiap industri yang mempunyai beberapa proses yang butuh pemindahan barang dan bahan secara berkala.

Melalui sistem conveyor ini, kita dapat menggantikan banyak tugas yang menggunakan tenaga manusia, yaitu dalam memindahkan, memuat barang dan menurunkan barang/bahan. Jika suatu perusahaan atau pabrik memiliki/mempunyai kegiatan kerja seperti ini, maka conveyor system merupakan sesuatu alat yang cocok dan harus diinvestasikan.