Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM FORKLIFT

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM FORKLIFTSiapa yang tidak tau Forklift, yaitu alat angkut yang banyak dipakai oleh Supermarket atau pergudangan. Apalagi supermarket atau pergudangan yang merupakan grosir besar. Mereka biasa menggunakan Forklift dengan membeli atau menyewa di perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan atau penjualan forklift, untuk mengangkut dan memindahkan barang yang berat dalam jumlah banyak.

Terdapat banyak macam forklift yang memiliki berbagai macam ukuran dan kapasitas yang dapat dipilih sesuai kegunaan dan manfaat oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Untuk perusahaan industri yang membutuhkan Forklift untuk mengangkat beban dalam kapasitas yang cukup besar dapat menggunakan Forklift yang berukuran besar. Sementara untuk supermarket atau pergudangan dalam skala kecil dapat menggunakan Forklift yang kapasitas kecil atau sedang karena kapasitas beban pengangkatan tidak terlalu besar.

Forklift tidak hal bedanya dengan mobil yaitu memperlukan perawatan/maintenance yang berkala agar awet. Apalagi Forklift yang digunakan setiap hari dan mengangkat beban yang kapasitas besar, perawatan tentu diperlukan untuk menjaga peforma mesin yang prima serta menjaga mekanik & electrical pada forklift agar awet sehingga tidak mudah rusak.


Hal hal yang harus diperhatikan saat pengecekan dan perawatan forklift untuk setiap harinya:

1 Pada bagian-bagian forklift yang aktif bergerak untuk mengangkat beban yang berat, olesi pelumas secara teratur. Pada bagian mekanik yang sering bergesekan cukup sering, harus diperhatikan agar jangan sampai kering bagian tersebut jangan sampai kering. Apabila kering di bagian tersebut, akan membuat kerja Forklift menjadi berat dan Forklift akan cepat rusak karena gesekan yang kasar.
2 Pada pemeriksaan secara berkala seluruh cairan pada Forklift, misalnya pada bahan bakar, oli atau cairan lainnya yang mendukung kerja Forklift. Salah satu dengan maintenance berkala dengan pada 250 jam pertama yaitu penggantian oil, oil filter, dan fuel filter. Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa cairan masih dalam kondisi bagus dan tidak kehabisan.
3 Ada juga Forklift yang digerakkan dengan tenaga baterai, dalam menjaga dan memelihara agar baterai forklift dapat awet yaitu dengan pengecasan baterai pada saat mendekati angka 20% jangan menunggu baterai benar-benar habis.  Lakukan proses pengecasan berlangsung hingga baterai benar-benar telah penuh 100%. Pada saat pengecasan baterai akan lebih baik jika tutup baterai dibuka agar tidak panas, yang harus diperhatikan gunakan voltase yang stabil dalam pengisian dan jangan lakukan pengecasan di tempat yang basah atau lembab.
4 Periksa dan pastikan seluruh bagian pada forklift dalam mekanik maupun electrical bekerja dengan sempurna. Dan yang perlu juga diperhatikan adalah ban pada Forklift karena salah satu hal yang mempengaruhi kinerja forklift, yang hal harus diperhatikan adalah tekanan udara di dalam ban harus seimbang. Itu mempengaruhi beban yang dibawa dalam keadaan stabil agar power yang dikeluarkan Forklift stabil.
5 Saat tidak digunakan, ada baiknya menyimpan Forklift ditempat yang tidak terkena langsung oleh sinar matahari atau diguyur hujan.

" Pilihlah Distributor yang memberikan Pelayanan & Service Terbaik bagi Kepuasan Pelanggan "

Stay Connected

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Silvanus

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp

banner percayakan indotara

Banner Product Bomac

List-Produk-Artikel-Bomac


Related Articles