Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis Stacker

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Lois Andrean, S.T.

Jenis Stacker

Jenis Stacker - Gudang-gudang biasanya dilengkapi dengan racking system, dan racking system tersebut membutuhkan alat guna meletakkan serta mengambil barang dari racking tersebut. Salah satu alat yang digunakan adalah ELECTRIC STACKER. Electric stacker sendiri memiliki beragam jenis dan penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi racking, mulai dari memperhatikan ketinggiannya, beban angkutnya, jarak gangwaynya, jenis pallet yang digunakan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa varian electric stacker dari Shigemitsu.

Counterbalanced Electric Reach Stacker KQD Series
Seri KQD ini memiliki fitur yang tidak dimiliki stacker jenis lain, yaitu kemampuan untuk menggerakkan mast ke depan dan ke belakang, tentu ini akan sangat membantu dalam pekerjaan area racking dengan gangway yang kecil. Selain itu seri KQD ini juga mempunyai fungsi tilting, sideshifting, dan tentunya lifting. Maksimal ketinggian angkat pada seri ini adalah 5,6 meter. Seri ini juga memiliki 2 varian yaitu KQD-W dan KQD-R. KQD-W merupakan tipe walkie, di mana operator mengoperasikan unit ini sambil berjalan. Sedangkan KQD-R merupakan tipe rider, di mana ada pijakan di unit, operator bisa naik ke pijakan tersebut dan mengoperasikan unit ini, jadi operator akan terus mengikuti unit ketika dioperasikan, hal ini bisa mmberikan efektifitas kecepatan kerja. Masa pakai dari unit ini adalah 6-8 jam, dan juga dibutuhkan waktu 6-8 jam untuk pengecasannya.

Counterbalanced Electric Stacker KPD Series
Seri KPD ini fungsinya hampir sama dengan seri KQD, yang membedakan adalah, mast pada unit ini tidak bisa digerakkan ke depan dan ke belakang. Tipe ini biasa digunakan untuk mengangkut berbagai jenis pallet, yaitu open pallet dan close pallet. Unit ini juga biasa digunakan untuk sistem racking yang pada level pertamanya (pada lantai) terdapat barang. Beberapa jenis stacker lainnya memiliki kaki pada bagian depan, sehingga jika barang diletakkan di lantai racking, kaki stacker tersebut bisa menyentuh barang. Oleh karena itu untuk kondisi seperti itu, sangat cocok jika menggunakan seri KPD ini.

Baca Juga:


Electric Stacker KDR Series
Seri ini merupakan seri stacker yang paling umum dan paling banyak digunakan. Selain karena harganya yang murah, stacker ini juga bisa mengangkat hingga ketinggian 5,6 meter. Namun ada beberapa syarat jika ingin menggunakan unit ini, yaitu barang tidak boleh berada di lantai area racking dan pallet yang digunakan harus menggunakan tipe open pallet. Hal ini dikarenakan stacker ini memiliki kaki tepat di bawah garpu, kaki tersebut berfungsi sebagai penopang dan penyeimbang.

Electric Stacker KTR Series
Seri ini merupakan seri yang hampir mirip dengan KDR. Perbedaannya ada pada straddle leg. Kaki pada seri KTR berukuran lebih lebar, sehingga bisa digunakan untuk tipe pallet jenis apapun, baik open maupun close pallet.

Selain varian di atas masih banyak lagi varian-varian warehouse equipment lain yang dimiliki oleh Shigemitsu. Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan Anda, jangan ragu untuk menghubungi PT. Indotara Persada. Shigemitsu memiliki garansi 3 tahun untuk hydraulic dan 1 tahun untuk electrical. Percayakan Shigemitsu untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.