Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Kegunaan Mesin Laser Cleaning

Posted Date, 05 September 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Martin Agustian, S.T.

Kegunaan Mesin Laser Cleaning

Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerja Laser Cleaning - Laser Cleaning adalah salah satu penggunaan teknologi laser untuk menghilangkan kontaminan seperti karat, cat, oksida dan kontaminan lainnya dari permukaan logam dengan cara yang ramah lingkungan. Penggunaan teknologi laser ini digunakan dalam banyak aplikasi karena efisiensinya.

Apa itu pembersihan laser?
Pembersihan laser atau laser cleaning adalah teknik untuk menghilangkan atau membersihkan kontaminan dari permukaan benda kerja secara terkontrol. Metode Laser Cleaning adalah non-kontak dan non-destruktif, tidak memerlukan media abrasif atau bahan kimia.
Laser Cleaning memungkinkan kontrol deposisi energi yang tepat selama pembersihan atau dekontaminasi. Contoh Laser Cleaning adalah Laser Rust Removal, yang membersihkan bagian logam berkarat.

Bagaimana cara kerjanya?
Sistem Laser Cleaning bekerja dengan mengarahkan sinar laser yang kuat ke permukaan. Energi sinar langsung menghancurkan kontaminan yang menempel dan secara terus menerus menghilangkannya dari substrat atau permukaan benda / objek.

Teknologi Laser Cleaning bekerja dengan mengirimkan gelombang laser sepanjang nanodetik ke permukaan. Saat berinteraksi dengan kontaminan yang menyerap sinar laser, mereka dapat berubah menjadi gas atau menyebabkan partikel lepas dari permukaan.
Ketika laser mengenai suatu permukaan, terjadi dua efek, yaitu:

  • Efek kerutan: Substrat benda kerja tetap dingin, tetapi lapisan kontaminasi memanas. Perbedaan ekspansi termal menyebabkan kontaminan menggulung atau berkerut.
  • Efek penguapan: Kontaminan menjadi panas lalu menjadi plasma di sekitar area yang dikerjakan.

Teknologi Laser Cleaning dapat diterapkan di berbagai bidang seperti noda minyak, permukaan logam berkarat, debu pada permukaan patung atau batu, pelapis teroksidasi, lapisan las, kotoran pada karet ban, dan lain-lain.
Keuntungan menggunakannya? Ada banyak keuntungan menggunakan Laser Cleaning.
Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca Juga:

  • Penghapusan lapisan lebih selektif dan tepat. Laser difokuskan pada titik atau strip yang sangat kecil dan tidak berpengaruh pada material di sekitarnya.
  • Tidak merusak substrat atau permukaan benda. Penghapusan lapisan hanya mempengaruhi beberapa mikron, dan bahan yang menyerap radiasi sesuai dengan warnanya, membuat tindakan laser lebih spesifik.
  • Tidak memerlukan penggunaan bahan kimia atau bahan abrasif, tidak ada asap yang mencemari area tersebut, dan tidak ada bahan kimia berbahaya yang dipancarkan.
  • Prosedur lebih cepat dan biaya operasi lebih rendah daripada metode pembersihan menggunakan bahan kimia atau sandblasting.

PT. Indotara Persada adalah pusat penjualan alat Laser Cleaning terbaik di Indonesia. Selama lebih dari 10 tahun, PT. Indotara Persada telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan peralatan industri untuk banyak perusahaan swasta dan BUMN. Dengan sumber daya manusia yang tinggi, jaminan purna jual seperti sparepart yang selalu ready terlengkap dan terbaik, ketersedian unit yang selalu ready. PT. Indotara Persada mampu menawarkan harga yang kompetitif namun dengan kualitas yang lebih tinggi. Rasakan produk terbaik Anda bersama kami.


Related Articles