Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perkembangan Bisnis Ice Cream Dengan Berbagai Macam Variasi

Posted Date, 05 September 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Fendri Chandra S.kom.

Perkembangan Bisnis Ice Cream Dengan Berbagai Macam Variasi

Perkembangan Bisnis Ice Cream Dengan Berbagai Macam Variasi - Es krim adalah produk pangan beku yang dibuat melalui kombinasi proses pembekuan dan agitasi pada bahan-bahan yang terdiri dari susu dan produk susu, pemanis, penstabil, pengemulsi, serta penambah citarasa (flavor). Es krim biasa dikonsumsi sebagai makanan selingan (dessert) dan dikelompokkan dalam makanan camilan (snack).
Prinsip pembuatan es krim adalah membentuk rongga udara pada campuran bahan es krim sehingga diperoleh pengembangan volume yang membuat es krim menjadi lebih ringan, tidak terlalu padat, dan mempunyai tekstur yang lembut.
Menurut SNI (1995) es krim adalah jenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau dari campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dengan atau tanpa bahan makanan lain dan bahan tambahan makanan yang diizinkan. Es krim merupakan hasil pembekuan sebagian sistem buih (foam) yang biasanya mengandung 40-50% udara (v/v).
Fase kontinyu dari buih tersusun oleh kristal es, partikel padatan terlarut, dan koloidal (garam, protein, gula, dan stabilizer), serta lemak dalam bentukemulsi (Berger, 1976).

Di era modern sekarang ini, bisnis ice cream merupakan salah satu bisnis yang sedang ramai dipasaran. Karena sudah banyak inovasi terbaru dari hasil es krim yang dijual, dan sekarang es krim  juga sudah tidak disajikan secara polos dengan menggunakan cone saja. Kita bisa menemukan terobosan terbaru dari menu-menu es krim, seperti contohnya sekarang es krim sudah banyak yang mulai dipadukan dengan campuran seperti kopi, minuman bersoda, atau sirup buah. Tidak hanya dicampurkan dengan minuman-minuman saja, sekarang es krim sudah memiliki banyak varian jenis yang dapat kita temui di pasaran.
Seperti, gelato, soft ice cream, dan ice cream roll, untuk berbagai hasil varian yang banyak ini pastinya ada berbagai tipe mesin es krim yang mendukung. Sekarang ini sudah banyak mesin-mesin es krim contohnya :

  • Hard Ice Cream Untuk mesin hard ice cream ini sendiri memiliki fungsi untuk memproduksi hard ice cream (gelato), tetapi untuk hasil yang keluar dari mesin ini belum bisa langsung dikonsumsi. Karena, biasanya hasil yang keluar dari mesin ini masih harus dibekukan lagi dalam freezer minimal 2 jam.
  • Soft Ice Cream Untuk mesin soft ice cream ini memiliki fungsi untuk memproduksi soft ice cream, soft ice cream ini yang paling sering kita jumpai di pasaran. Karena biasanya hasilnya disajikan dengan menggunakan cone atau dicampur dengan sirup, kopi, dan minuman bersoda.
  • Loly Ice Cream Loly ice machine (Popsicles) adalah mesin pembuat es lolly high output, mampu memproduksi es lolly (Popsicles, atau es lilin) dalam kapasitas besar dengan daya listrik yang irit sehingga biaya produksi es sangat murah dan es yang dihasilkan berkualitas tinggi, tidak mudah mencair.

Baca Juga: