Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN FORKLIFT

KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN FORKLIFT - Keselamatan pada saat menggunakan forklift selalu menjadi perhatian. Tingkat kecelakaan yang terjadi akibat dari kecerobohan operator forklift menjadi kerugian banyak pihak. Ini harus di minimalisir dan di jadikan pengalaman agar tidak terjadi lagi di hari yang akan datang. Keselamatan kerja pada saat menggunakan forklift menjadi harga mahal dan harus terus di pertahankan demi menunjang hidup yang lebih baik, dari sisi operator maupun dari sisi perusahaan pemilik forklift.

Baca Juga :
DISTRIBUTOR PENJUALAN UNTUK JASA SEWA FORKLIFT


CARA MERAWAT FORKLIFT SEHARI HARI


PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI


KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN FORKLIFT

KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN FORKLIFT

Dalam penggunaan forklift hal yang pertama harus di perhatikan yakni operator, seorang operator forklift wajib mempunyai SIO (Surat Ijin Operator). meskipun seorang operator yang sudah mahir sekalipun tetap saja operator tersebut telah melanggar ketentuan yang berlaku. Karena operator yang mempunyai SIO mengerti betul akan dasar - dasar keselamatan kerja Pada Forklift.

Setiap Forklift mempunyai beberapa kapasitas angkut yang berbeda beda, ini harus di pahami pula oleh operator forklift. Jika saja operator Forklift tidak memahami ini, sangat berbahaya akan keselamatan dirinya karena kapasitas yang di muat melebihi kapasitas forklift berakibat tidak stabil saat berjalan, dan beresiko forklift terguling, menabrak benda dan orang yang berada di sekitar forklift. Pemindahan barang yang berbahaya pun harus di perhatikan manakala pengangkutan drum bahan berbahaya dan beracun(B3) yang pemindahan nya harus benar benar terampil dan mahir. Dari sisi palet pun sama, peletakan barang atau pun hasil dari produk harus benar benar tersimpan rapih. Agar operator bisa menjalankan forklift nya dengan baik.

Penggunaan Forklift yang benar harus senantiasa melakukan pengecekan berkala terhadap forklift, serta persiapan peralatan merupakan hal yang wajib di lakasanakan oleh setiap operator Forklift. Pemakaian yang rapi dan teliti menjadi keselamatan yang nyata bagi operator forklift. Inspeksi rutin terhadap unit forklift oleh operator ini menunjang untuk performa forklift tersebut agar unit forklift bisa maksimal dalam melakukan pekerjaan.


Operator Kerja Forklift

KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN FORKLIFTOperator Forklift yang bekerja berdasarkan target dan jam kerja yang terus menerus, membutuhkan energi pada saat mengendarai forklift. Energi yang di butuhkan dalam mengendarai forklift sangat tinggi, butuh konsentrasi yang tinggi pula agar tidak terjadi kecelakaan. Seorang operator forklift sangat di khawatirkan terjadi keletihan serta kecapean dan bisa terancam keselamatan bagi diri nya, barang yang di muat, dan orang di sekitar. Langkah yang di lakukan oleh operator menjaga kebugaran serta kesehatan bisa di lakukan berbagai cara yang bisa memaksimalkan kinerja para operator forklift.

Keselamatan Jiwa pada saat menggunakan forklift harus di tunjang pula dengan forklift yang mamadai dan mampu untuk di jalan kan dengan normal dan baik. Kualitas Forklift yang handal yang bisa menjadi andalan operator dan perusahaan itu sendiri demi keselamatan operator serta meminimalisir ancaman kecelakaan.

Kualitas dari forklift menjadi bahan pertimbangan selain dari apa yang di uraikan di atas. Dalam hal ini forklift berperan penting terhadap keselamatan jiwa operator. Kualitas forklift yang jelek berimbas ke segala hal. Mulai dari keselamatan operator, kerja yang tidak maksimal, kecepatan dalam boangkar muat barang, serta cost dari maintenance yang irit.

Keselamatan Kerja Menggunakan Forklift harus menjadi perhatian setiap perusahaan yang memakai unit ini. Keselamatan kerja pada saat menggunakan forklift menjadi harga mahal.

Untuk Lihat Spesifikasi Jual Forklift Terbaik Di Indonesia, Kunjungi Disini

Stay Connected

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Cecep

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp

banner percayakan indotara

Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


Related Articles