Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Keunggulan Alat Angkut Sederhana Hand Stacker

Posted Date, 19 Januari 2023

Editor: Ipin

Penulis: Mahendra

Keunggulan Alat Angkut Sederhana Hand Stacker

Keunggulan Alat Angkut Sederhana Hand Stacker - Dalam industri saat ini banyak kita temui baik di pabrik maupun pergudangan, tentunya sering kita menemukan alat-alat bantu yang bermacam-macam fungsinya, salah satunya yaitu hand stacker. Hand stacker atau biasa orang sebut hand forklift merupakan alat bantu angkat sederhana yang sudah didesain untuk mempermudah memindahkan sekaligus juga mampu mengangkat suatu beban barang yang sesuai dengan kapasitas masing-masing alat tersebut.

Hand stacker juga merupakan alat pengganti unit forklift, oleh karenanya biasa orang sebut dengan manual forklift atau hand forklift. Tidak seperti unit forklift alat tersebut hanya mampu mengangkut beban maksimal 2 ton karena hand stacker tidak memiliki counterbalance layaknya unit forklift, sehingga beban yang diangkut sangat terbatas.

Alat ini mampu mengangkat beban diketinggian dari 1 meter hingga 6 meter. Dikalangan industri saat ini menjadi pilihan karena selain harga yang sangat ekonomis juga hand stacker ini memiliki desain yang lebih ramping sehingga sangat maksimal ketika digunakan di area-area atau gangway yang sempit.

Perbedaan utama hand stacker dengan hand pallet adalah pada masing-masing ketinggian beban yang diangkut. Hand pallet dipergunakan memindahkan barang secara horizontal sedangkan unit hand stacker kemampuan ketinggian angkutnya lebih tinggi, memindahkan dari posisi bawah ke atas secara vertikal maupun sebaliknya, itulah kenapa hand stacker sangat di unggulkan dibanding dengan hand pallet, memiliki 2  fungsi sekaligus yaitu memindahkan dan mengangkut beban di ketinggian tertentu sesuai kemampuan pada masing-masing hand stacker tersebut.

Walaupun berbeda, namun alat tersebut terkadang penyebutan atau pemahaman orang sering tertukar-tukar. Dari segi fungsi memang sebagian sama, yaitu memindahkan barang-barang dari titk A ke titik B. Namun ada perbedaan mendasar dari kedua alat tersebut yaitu hand stacker memiliki fungsi dan kemampuan angkut yang lebih maksimal, Maka kita dapat simpulkan alat tersebut sangat efektif digunakan dalam situasi yang berbeda-beda.

Baca Juga:


Keuntungan menggunakan alat hand stacker sebagai berikut :

- Tidak memerlukan lisensi untuk mengoprasikan unit tersebut
- Hand stacker manual tidak perlu menggunakan sumber tenaga baterai
- Harga lebih ekonomis dan murah dalam penggunaannya
- Dimensi yang lebih ramping atau kecil
- Maksimal ketika bermanuver pada area sempit

Sebelum memutuskan untuk membeli hand stacker atau hand lift, sebaiknya kita dapat memahami dari spesifikasi unit :

- Kapasitas angkat
- Kemampuan ketinggian angkat
- Dimensi unit
- Panjang garpu
- Lebar garpu
- Radius putar
- Diameter roda depan dan roda belakang
- Berat unit

Dari keterangan spesifikasi tersebut, wajib kita ketahui sebagai dasar kita untuk menentukan suatu alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa meminimalisir penggeluaran bugdet pembelian dan dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan. Penentuan alat yang tepat sangat berpengaruh pada sistem kerja kita, proses loading/unloading yang menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.