Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI

Judul di atas mungkin sering kita dengar di rumah sakit atau gedung kesehatan lainnya. Benar adanya jika lebih baik mencegah daripada mengobati, artinya adalah lebih baik kita menjaga dan merawat tubuh kita sebelum terjadi hal-hal yang tidak dinginkan sehingga harus dilakukan tindakan mengobati. Begitu juga dengan forklift, lebih baik dijaga dan dirawat dengan baik agar tidak timbul kerusakan yang mengharuskan kita mengganti unit forklift tersebut.

Baca Juga :
CARA MERAWAT FORKLIFT SEHARI HARI


PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI


HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM FORKLIFT

Seringkali ketika orang membeli forklift tidak memperhatikan perawatannya, padahal itu merupakan yang sangat penting. Jika forklift dirawat dengan baik, di maintenance dengan baik, dan diservis dengan teratur, maka resiko timbulnya kerugian atau kerusakan dapat diminimalisir. Hal ini tentu akan menghindari perusahaan/perseorangan mengeluarkan biaya-biaya yang tidak diperlukan untuk melakukan perbaikan pada unit forklift. Dengan merawat forklift, resiko akan terhambatnya kegiatan yang membutuhkan forklift menjadi berkurang.

Berikut beberapa hal penting dalam perawatan forklift diesel :

 

1. Melakukan pembersihan pada filter udara dan solar

LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI Kebersihan menjadi salah satu hal yang penting dalam merawat forklift diesel. Kebersihan tidak hanya tampak di luar, namun juga harus tampak di bagian dalam. Maksudnya bagian dalam adalah mesin dan sparepart yang terdapat di dalamnya. Filter udara dan solar merupakan 2 elemen penting yang harus diperhatikan kebersihannya. Filter udara perlu dicuci paling tidak 1 bulan sekali, karena jika dibiarkan terlalu lama performa mesin akan terhambat oleh debu yang mengendap. Perlakuan ini juga harus dilakukan pada filter solar. Jangan sampai forklift anda rusak karena tersumbatnya kedua filter ini.

 

2. Melakukan reparasi pada injection pump

LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI
Jika terjadi kerusakan pada injection pump, maka anda harus menyerahkannya ke teknisi yang handal dan profesional. Jangan sampai masalah ini ditangani oleh orang yang belum profesional, karena ini adalah part yang cukup krusial.

 

3. Melakukan pemanasan mesin dan pengecekan isi tangki

LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI
Sebelum menggunakan forklift, sebaiknya mesin forklift tersebut dinyalakan dan dibiarkan terlebih dahulu selama 5 menit, hal ini bertujuan untuk memanaskan mesin forklift. Pemeriksaan tangki juga perlu dilakukan sebelum menggunakan forklift. Untuk forklift diesel usahakan jumlah solar tidak di bawah sepertiga kapasitas maksimal. Pemanasan dan pengecekan tangki yang rutin akan membuat umur forklift anda lebih lama.

 

4. Melakukan penggantian minyak pelumas secara teratur dan berkala

LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI
Oleh karena pentingnya peran oli atau pelumas untuk mesin, maka oli harus diganti secara teratur dan berkala.Penggantian oli secara berkala dapat membuat mesin stabil dan nyaman. Bagian-bagian yang aktif bergerak juga sebaiknya dilumasi minyak pelumas, seperti garpu forklift dan yang lainnya.

 

5. Memeriksa keadaan baterai

LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI
Pemeriksaan baterai (aki atau accu) dan kabel dalam forklift diesel juga penting. Pemeriksaan ini membuat anda tenang ketika menggunakan forklift, jika baterai rusak atau soak, maka forklift tidak dapat dinyalakan. Oleh sebab itu pastikan kondisi baterai pada forklift anda dalam keadaan baik

 

Demikianlah beberapa tips dalam perawatan forklift diesel. Lakukanlah perawatan tersebut secara berkala agar kondisi forklift anda tetap prima. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik anda rawat secara rutin daripada anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan.

 " Pilihlah Distributor yang memberikan Pelayanan & Service Terbaik bagi Kepuasan Pelanggan "

banner percayakan indotara

Penulis : STEFANUS
Editor : IQBAL


Banner Product Bomac

List-Produk-Artikel-Bomac


Related Articles