Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Loading Dock Ramp

Posted Date, 19 Januari 2023

Editor: Ipin

Penulis: Mahendra

Loading Dock Ramp

Loading Dock Ramp - Loading Dock Ramp merupakan alat bantu akses jalan atau bisa kita sebut anjungan untuk bongkar muat dari titik terendah dan menuju tempat yang memiliki perbedaan ketinggian. Alat bantu tersebut juga memiliki beberapa model dan type dari model portable dan model dengan desain konstruksi yang menyatu dengan bangunan utama. Alat tersebut banyak kita jumpai pada bangunan komersial, industri, atau pergudangan.

Area loading dock sangat penting, karena area ini akan menjadi titik pergerakan keluar masuk barang pada proses loading ataupun unloading. Oleh sebab itu di area ini memerlukan alat loading dock ramp untuk mempercepat dan mempermudah proses tersebut. Loading dock ramp juga harus disesuaikan agar tepat guna.

Pada area loading dock, barang akan dipindahkan dari dalam ke mobil. Mobil yang digunakan pun biasanya berbeda-beda, ada truck, container, dan lain sebagainya. Perbedaan level ketinggian dari area dalam menuju mobil harus diperhatikan, agar loading dock ramp bisa menjadi jembatan yang tepat. Perbedaan level ketinggian juga bisa di atas dengan fitur adjustable height dari loading ramp tersebut. Pemilihan loading dock ramp juga harus memperhatikan beban yang akan melintasi loading dock ramp tersebut, jangan sampai beban yang melintas melewati kapasitas loading dock ramp tersebut.

Loading dock ramp tersedia dalam 2 varian yaitu fixed dock leveler dan mobile loading dock. Dock leveler biasa di pasang pada area loading dock, sebagai jembatan antara area dalam dan mobil. Sedangkan mobile loading dock merupakan loading dock ramp yang portable, yang bisa di pindah-pindahkan karena menggunakan roda. Mobile loading dock ini biasa digunakan di area-area yang tidak terdapat area khusus untuk loading dock permanen.

Baca Juga:


Komponen-komponen penting pada loading dock ramp adalah sebagai berikut :

Hydraulic
Hydraulic merupakan bagian yang paling penting. Bagian ini menjadi system penggerak dari platform untuk bisa naik dan turun, dan bahkan dalam keadaan full dengan beban

Lips Plate
Bagian ini merupakan bagian uang akan menjadi penyambung antara bibir mobil dengan bibir platform, sehingga proses loading dan unloading dapat berjalan dengan aman

Frame platform
Frame platform sangat penting untuk memastikan bahwa secara struktur mampu menahan beban yang melintas. Jika kualitasnya buruk tentu akan sangat berbahaya, platform bisa bengkok, bahkan patah, dan tentunya ini bisa menimbulkan kecelakaan kerja serta kerugian

PT. Indotara Persada menjual Shigemitsu Dock Leveler dengan berbagai kapasitas dan ukuran. PT. Indotara Persada juga menjual Up-Ramp mobile loading dock dengan berbagai kapasitas dan cara pengoperasian (manual dan elektrik). PT. Indotara Persada berkomitmen untuk menyediakan alat-alat pendukung bisnis Anda, dalam hal ini adalah alat-alat yang mendukung dalam pergudangan.