Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Loading Dock Ramp

Editor: Fiki
Loading Dock Ramp
Loading dock atau loading ramp merupakan alat yang digunakan untuk bongkar muat kontainer dari dan menuju ke tempat yang terdapat perbedaan ketinggian. Loading dock mempunyai beberapa tipe model. Ada yang menyatu/ditanam pada permukaan bangunan utama yang ada perbedaan ketinggian dan ada yang tipe yang portable yang bisa berpindah tempat.

Loading dock pada umumnya dijumpai pada bangunan komersial dan perusahaan industri atau pada kawasan pergudangan maupun logistik.

Unit loading dock Ramp Portable dilengkapi berbagai alat yang terdapat pada unitnya. Seperti kaki penopang yang digunakan untuk leveling dan keseimbangan pada unit, Hydraulic yang membantu menyeimbangkan ketinggian, Pembatas sisi kiri dan kanan pada Loading Ramp. Lip di atas dan dibawah yang bertujuan untuk keamanan saat forklift melintasi ramp tersebut.

Loading dock/ramp dilengkapi beberapa bagian yang mendukung seperti :

  1. Loading Dock/Ramp Bumper : Melindungi unit Loading dock dan ramp dari benturan yang mengakibatkan kerusakan oleh kendaraan pengangkut. Tidak hanya itu, juga dapat difungsikan sebagai titik tumpu oleh supir kendaraan pengangkut saat mundur.
  2. Loading Ramp Bagian Penyetara : Platform height datar yang menyesuaikan ketinggian sebagai jembatan antara loading dock/ramp dengan kendaraan pengangkut. Dapat dioperasikan melalui hidrolik yang dipompa manual ataupun menggunakan listrik.
  3. Loading Dock/Ramp Bagian Angkat : Difungsikan menggunakan Hydraulic untuk menyeimbangkan ketinggian dari unit dengan ketinggian kendaraan supaya setara. Dioperasikan menggunakan Pompa Manual atau Listrik.
  4. Loading Dock Segel : Blok busa kompresibel yang dikompensasi dengan cara menekan kendaraan pengangkut saat sedang diparkir; segel digunakan/difungsikan pada eksterior di bagian tepi kendaraan pengangkut pada saat musim dingin yang dimana sistem ini akan memberikan perlindungan dari cuaca.
  5. Loading dock Sign Lamp : Pada umumnya berbentuk artikulasi yang bergerak (rotator lamp), dan dipasang pada loading dock/ramp untuk memberikan pencahayaan dalam cabin muatan kendaraan/kontainer  pengangkut selama proses loading dan unloading.
  6. Loading dock lamp Indikator : Sebagai penanda saat kapan pengemudi/supir harus memundurkan & memajukan kendaraan muatannya.
  7. Loading dock System Software dock activity : Tambahan Software yang menyediakan metode tambahan untuk melacak dan melaporkan aktivitas saat bongkar muat barang dari kendaraan/kontainer.
  8. Loading dock/ramp lips plate : Untuk menjembatani/menyambung celah antara dermaga/ramp dengan truk, sehingga barang dapat dengan gampang/mudah dimuat/loading dan dibongkar/unloading dengan menggunakan peralatan/alat berat yang bergerak (misalnya forklift).
  9. Loading dock/ramp safety atas carrier : Hook/rantai logam kuat yang dipasang pada dermaga/ramp yang akan membantu menghubungkan/mengikat ke frame atau bumper trailer/kontainer supaya mencegah dari pergeseran saat sedang dilakukan proses loading ataupun unloading.

Pada konsep logistic modern, harus dipahami/dimengerti bahwa jenis/tipe truk yang digunakan berbagai macam. Konsekuensi/kendalanya adalah perbedaan jenis/tipe truk ini dapat berpengaruh pula pada ketinggian truk tersebut. Adjustable loading dock atau adjustable ramp dapat dijadikan solusi dalam membantu dan mengatasi perbedaan level tersebut.