Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Material Handling Equipment (Peralatan Penanganan Material)

Editor: Rosyid
Material Handling Equipment (Peralatan Penanganan Material)

Peralatan Penanganan Material merupakan elemen penting dalam fasilitas logistik. Setiap gudang membutuhkan sistem untuk memindahkan barang dari area penerimaan barang ke penyimpanan dan, selanjutnya, ke zona pengiriman. Ada berbagai macam peralatan penanganan di pasaran yang dapat disesuaikan dengan semua jenis area atau operasi di gudang. Di gudang, peralatan penanganan material merupakan hal yang paling penting sebagian besar, efisiensi pekerjaan anda bergantung padanya. Memilih peralatan ini dengan bijak akan mempercepat operasi, mengurangi biaya logistik, dan meminimalkan risiko kecelakaan.

Peralatan penanganan material ada di sebagian besar fasilitas industri, antara lain termasuk gudang, pabrik produksi, dan pusat distribusi. Di gudang, peralatan penanganan dibebankan dengan pemuatan, pembongkaran, dan pengangkutan barang antara zona penerimaan, penyimpanan, pemrosesan pesanan, dan pengiriman. Karena operasi yang berbeda dilakukan di setiap area, anda harus memiliki peralatan penanganan khusus yang sesuai dengan setiap kebutuhan untuk memaksimalkan produktivitas. Jenis peralatan penanganan material yang berbeda dapat dipecah menjadi tiga kelompok besar:

Peralatan Penanganan Material Manual
Peralatan penanganan material manual dioperasikan hanya oleh manusia. Alat yang paling umum digunakan di gudang yang dijalankan secara manual adalah Truck Pallet. Garpu paralelnya memungkinkannya menopang beban dan mengangkatnya sedikit dari tanah untuk memfasilitasi pengangkutannya. Alat ini adalah peralatan yang sangat serbaguna, karena dapat digunakan dalam berbagai operasi, mulai dari pemuatan dan pembongkaran truk hingga pemindahan palet dan kontainer. Mereka juga dapat digunakan untuk membantu dalam operasi pengambilan.

Peralatan Penanganan Material Bermotor
Peralatan penanganan material bermotor dioperasikan oleh pekerja dari platform atau kabin dan digerakkan oleh motor. Ada berbagai macam peralatan penanganan material bermotor. Sementara forklift adalah salah satu yang paling populer karena keserbagunaannya yang tinggi, dan mampu mengangkat beban yang berat. Sementara itu, forklift dapat digunakan untuk yang mengelola barang yang sangat bervariasi, mulai dari yang sangat besar dan panjang, akan tetapi memerlukan optimalisasi ruang untuk mobilisasi alat ini. Kategori ini juga mencakup peralatan penanganan material bermotor yang sangat cocok untuk pemrosesan pengambilan barang. Mesin ini membantu operator dalam memilih produk, terutama yang terletak di rak paling atas.

Peralatan Penanganan Material Otomatis
Konveyor roller dan rantai adalah jenis peralatan penanganan material lainnya di gudang otomatis. Ditugaskan untuk memindahkan kotak dan palet secara internal, konveyor menghubungkan berbagai zona di fasilitas atau menghubungkan gudang dengan jalur produksi atau area produksi. Alat ini sangat membantu di lingkungan dengan aliran material yang terus menerus dan berulang, menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas. Di sisi lain, conveyor ini adalah solusi praktis untuk mengatasi perbedaan ketinggian dan memindahkan barang secara vertikal dalam sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis.