Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Memahami Prinsip Kerja Mesin Pendingin : Dari Komponen Hingga Proses Pendinginan

Editor: Farhan
Mesin pendingin adalah salah satu mesin konversi energi yang digunakan untuk memindahkan panas dari temperatur rendah menuju temperatur yang lebih tinggi dengan bantuan kerja dari luar. Mesin pendingin yang banyak digunakan pada umumnya menggunakan siklus kompresi uap.

Showcase adalah mesin pendingin yang digunakan untuk mendinginkan berbagai jenis makanan dan minuman kemasan. Showcase pada umumnya 6 memiliki bentuk fisik dan prinsip kerja seperti kulkas, tetapi showcase memiliki pintu yang didesain menggunakan bahan transparan. Suhu kerja pada showcase diatur agar berada pada suhu antara 0°C sampai 10°C.

Komponen yang terdapat di Display Cooler:

1. Kompresor merupakan komponen utama pada mesin pendingin yang berfungsi untuk menaikkan tekanan, dan sebagai akibat dari kenaikan tekanan tersebut, suhu refrigeran pada mesin pendingin juga ikut naik

2. Kondensor Kondensor merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menurunkan suhu dan merubah fase refrigeran dari fase gas mencair cair. Dalam pembuatan showcase ini menggunakan kondensor berjenis U.

3. Pipa Kapiler Pipa kapiler merupakan alat yang digunakan untuk menurunkan tekanan refrigeran, dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

4. Evaporator Evaporator digunakan untuk menguapkan refrigeran, yaitu untuk merubah fase dari cair menjadi gas. Proses perubahan fase dari cair menjadi gas ini memerlukan kalor yang diambil dari lingkungan evaporator tersebut.

5. Filter Filter merupakan alat yang digunakan untuk menyaring kotoran misalnya korosi, serbuk-serbuk sisa pemotongan, atau uap air, agar tidak terjadi pengembunan pada pipa kapiler.

6. Refrigeran Adalah fluida yang digunakan sebagai fluida kerja siklus kompresi uap.

Proses Pendinginan Display Cooler

Ketika kompresor dinyalakan, maka refrigeran akan mengalir kesemua bagian sistem. Sebelum masuk kompresor, refrigeran dengan kondisi uap jenuh dikompresikan sehingga uap keluar kompresor menjadi uap panas lanjut, lalu uap tersebut mengalir pada bagian kondensor untuk melepas kalor ke lingkungan sehingga terjadi proses kondensasi. Uap berubah menjadi cair jenuh kemudian melewati filter, selanjutnya menuju pipa kapiler dan mengalami penurunan tekanan. Pada bagian evaporator cairan refrigeran akan mengalami evaporasi sehingga berubah menjadi uap jenuh dan masuk kedalam kompresor untuk dikompresikan. Proses itu akan terjadi secara terus menerus hingga mendapat 7 suhu yang diinginkan. Showcase terdiri dari beberapa bagian komponen utama yang masing-masing dihubungkan menggunakan pipa tembaga sehingga menjadi satu rangkaian. Fluida kerja yang digunakan pada mesin showcase adalah refrigeran.

TOMORI SHOWCASE LGS-1000M2W salah satu produk showcase cooler yang memiliki proses pendinginan yang sangat berkualitas yang dapat menstabilkan suhu. Dengan spesifikais produk :
 
· Model : LGS-1000M2W
· Type : Double Hinged Door Showcase
· Duty Group : Heavy Duty Class
· Door key : Yes
· Capacity : 1000 Litre
· Shelf Quantity : 8; Door Quantity : 2
· Refrigerant : R134A; Lighting System : LED
· Power Usage : 5.6 (KWH/24H)
· Insulation Foam : Cyclopenthane
· Case Material : Coated Steel Sheet
· Input Power : 750 W
· NW/GW : 139/150 Kgs
· Type Termostat : Digital
· Voltage : 220V/50Hz
· Cooling Sistem : Fan Cooling; Body Color : White+Black
· Temperature : 2 ºC-+10 ºC
· Mode Refrigeration : Ventilated

Cooler terbaik di kelasnya dengan kualitas yang tak diragukan dsan dengan harga yang terjangkau.