Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN FORKLIFT DIESEL DAN FUNGSINYA

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN FORKLIFT DIESEL DAN FUNGSINYA - Di zaman modern saat ini, penggunaan forklift diesel sudah menjadi hal wajib di dunia industri & manufaktur khususnya. Seiring bertumbuhnya populasi forklift diesel diikuti juga oleh permintaan akan spare part & maintenance untuk menjaga performa forklift secara konsisten dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan (biaya yang lebih besar). Sudah selayaknya jika para pemilik forklift-forklift diesel belajar mengenal lebih dalam mengenai bagian-bagian forklift dan masing-masing fungsinya.

Baca Juga :
DISTRIBUTOR PENJUALAN UNTUK JASA SEWA FORKLIFT


CARA MERAWAT FORKLIFT SEHARI HARI


PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI


BAGIAN FORKLIFT DIESEL SERTA FUNGSINYA

Bagian Forklift Diesel & Fungsinya

  1. Engine / Mesin

Engine forklift diesel berfungsi penggerak utama pada transmisi, sistem hidrolik, sistem brake, steering dan lainnya. Dengan demikian kondisi engine harus tetap prima mengingat banyak komponen yang digerakkan oleh engine. Dibutuhkan perawatan rutin seperti penggantian oli mesin, filter oli, fuel filter, air filter. Beberapa engine diesel yang populer di Indonesia adalah merk Isuzu dan Mitsubishi.


  2. Mast


Mast adalah bagian utama dalam sistem angkat. Mast berhubungan dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk lifting dan tilting. Ada beberapa type mast seperti two stage mast, three stage mast, dan full free lift mast. Mast ini memiliki jangkauan lifting mulai dari 3 meter, 4 meter, hingga 6 meter. Full free lift mast adalah jenis mast yang khusus didesign untuk menghandle barang di tempat yang memiliki atap terbatas seperti di dalam container.


  3. Counterbalance / Counterweight


Sebuah counterbalance berfungsi sebagai penyeimbang beban dari sebuah forklift. Letaknya berada di belakang body forklift.



  4. Fork


Fork atau garpu forklift berfungsi sebagai penopang untuk mengangkat dan menurunkan barang. Fork berbentuk dua batang besi berbentuk siku dengan panjang mulai dari 1070mm untuk kapasitas 3 ton. Dan sebaiknya beban/barang yang akan diangkat diletakkan di atas sebuah pallet dahulu sehingga fork mudah mengangkat beban tersebut.


  5. Overhead guard


Overhead guard berfungsi sebagai pelindung operator jika terjadi kecelakaan dalam bekerja. Overhead guard ini terbuat dari besi kokoh. Selain berfungsi sebagai safety, overhead guard juga bisa dimodifikasi sebagai pelindung operator dari panas atau hujan ketika beroperasi di outdoor.


  6. Wheel


Wheel atau ban forklift pada umumnya ada 2 jenis yaitu ban pneumatic (angin) dan ban solid. Ban solid biasa digunakan di daerah ekstrim yang memiliki medan berbahaya (tajam). Ban forklift terdiri dari 2 ban depan dan 2 ban belakang di mana ukuran ban depan lebih besar dibandingkan ban belakang karena ban depan memiliki tugas vital sebagai tumpuan tengah beban yang menyeimbangkan beban & counterbalance.

Inilah beberapa bagian-bagian forklift yang vital. Masih banyak lagi bagian-bagian forklift yang perlu dipelajari. Dan seiringnya waktu diharapkan para pemilik lebih memperhatikan bagian-bagian ini dan menjaga maintenance rutin konsisten dijalankan.

Stay Connected

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Vendes

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp


banner percayakan indotara

Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


Related Articles