Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Excavator Bomac dari Tipe hingga Cara Penggunaannya

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Fikario Adiyuda, S.M.

Mengenal Excavator Bomac dari Tipe hingga Cara Penggunaannya
Mengenal Excavator Bomac dari Tipe hingga Cara Penggunaannya - Tahukah Anda apa itu excavator? Excavator adalah alat berat yang terdiri dari boom (bahu), arm (lengan) dan bucket. Artinya, excavator digerakkan oleh tenaga hidrolik, yang dijalankan oleh mesin diesel pada crawler shovel atau bucket. Apa yang begitu penting tentang excavator? Pasalnya, tentu saja dalam konstruksi bangunan dibutuhkan alat berat yang dapat memindahkan material dari satu material ke material lainnya. Excavator adalah alat serbaguna karena dapat melakukan pekerjaan konstruksi lainnya.

Banyak pekerjaan konstruksi membutuhkan excavator. Apa fungsi utama excavator? Contohnya antara lain menggali galian, memecah batu menggunakan attachment breaker, menarik tiang bangunan besar, dll. Karena fiturnya yang fleksibel dan serbaguna, excavator selalu hadir dalam jenis pekerjaan berat di air dan di darat.

Tujuan khusus excavator

1. Menggali lubang, menggali parit, meletakkan fondasi
2. Penanganan berbagai bahan
3. Attachment pada excavator untuk memotong material
4. Pekerjaan kehutanan
5. Meratakan Tanah
6. Mengangkut benda berat
7. Penghancuran material
8. Penambangan, terutama penambangan permukaan
9. Sering digunakan sebagai kapal keruk sungai
10. Penghancur Dasar
 
Jenis Excavator

1. Excavator Besar
Salah satu alat penggali dihubungkan dengan tali kawat. Biasanya digunakan untuk menggali material ke dalam peralatan transportasi seperti truk atau tempat penyimpanan. Draglines sering ditemukan di daerah yang membutuhkan pengerukan ekstensif, seperti pertambangan.
Dragline itu sendiri lagi-lagi dibagi menjadi tiga bagian, crawler atau roda kelabang. Jenis ini digunakan untuk material atau tanah dengan kekuatan rendah. Kecepatan merangkak memang membutuhkan sarana transportasi lain untuk sampai ke lokasi konstruksi.
Beberapa bucket dengan ukuran berbeda digunakan, tergantung pada panjang boom dan material yang akan digali.

2. Excavator kecil
Excavator compact biasanya digunakan untuk tugas-tugas seperti memuat tanah, menggali, mencapai objek, dan mengangkat material. Mesin yang digunakan compact excavator adalah diesel, mini excavator tidak di anjurkan untuk pekerjaan berat seperti pertambangan atau pembangunan, mini excavator lebih digunakan untuk kebutuhan berkebun atau bercocok tanam karena kekuatannya yang tidak terlalu besar.

Apa yang harus diperhatikan saat mengoperasikan excavator

Keselamatan dan Perlindungan Kanopi berperan sangat penting dalam keselamatan operator saat mengoperasikan excavator. kanopi tentu saja akan melindungi operator dari cedera. Dan mencegah operator terkena puing-puing yang dijatuhkan oleh excavator.

Selain itu, kenyamanan operator penting saat mengoperasikan excavator. Ruang untuk ruang operator harus senyaman mungkin untuk mengoptimalkan pekerjaan dan menghindari kesalahan saat mengangkat dengan excavator.

Selain itu, perawatan excavator juga sangat penting. Alat berat merupakan akses terbaik saat menggunakan excavator. Sangat mudah bagi operator untuk mengakses bagian hidraulik dan komponen lainnya. Inspeksi berkala harus dilakukan.

Excavator terbaik adalah BOMAC