Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Forklift Elektrik

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis:  Fikario Adiyuda, S.T.

Mengenal Forklift Elektrik

INDOTARA.CO.ID - Selain forklift diesel, jenis forklift yang paling banyak digunakan adalah forklift listrik. Forklift ini bisa disebut sebagai forklift ramah lingkungan. Karena memang forklift elektrik tidak mengeluarkan emisi dan tidak mencemari, tidak seperti forklift yang umumnya berbahan bakar solar dan LPG, forklift elektrik juga lebih mudah untuk merawatnya, karena tidak perlu mengganti fuel filter, oil filter, oli, dll, jadi dapat dibilang forklift elektrik termasuk forklift yang low maintenance.

Keuntungan dan kerugian dari forklift listrik
Seperti yang Anda tahu, forklift ini cukup mudah digunakan. Karena hingga saat ini, hampir semua peralatan pertukangan dan industri ditenagai oleh listrik dan baterai. Jadi Anda dapat menemukan tempat untuk mengisi ulang baterai ini tanpa kerumitan. Juga karena forklift elektrik tidak mengeluarkan gas buang, forklift ini merupakan forklift paling populer di area produksi aseptik seperti pabrik susu, pabrik makanan dan minuman, pabrik kertas, pabrik farmasi, dll..

    Keuntungan
    Forklift elektrik ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis forklift lainnya.
    1. Sangat ramah lingkungan : karena tidak mengeluarkan emisi dan pembuangan limbah, yang sering menyebabkan polusi dan dapat mencemari area produksi
    2. Karena baterai yang relatif berat, forklift memiliki pusat gravitasi yang rendah. Memungkinkan forklift untuk mengangkat beban yang lebih berat dengan forklift yang lebih ramping.
    3. Tidak ada suara dan tidak menimbulkan polusi suara
    4. Perawatan termasuk mudah, tidak serumit forklift diesel yang mengharuskan mengganti oil filter, fuel filter, dll.
    5. Tidak memiliki knalpot atau tangki bahan bakar, membuat visibilitas dan pergerakan di belakang bodi garpu lebih mudah.

    Baca Juga:


      Kelemahan
      Meskipun memiliki banyak kelebihan. Namun, jenis forklift elektrik ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
      1. Waktu pengisian yang lama, sekitar 8 jam untuk jenis battery biasa dan 2-3 jam untuk battery lithium
      2. Baterai hanya dapat digunakan selama 8 jam untuk battery biasa dan 5-6 jam untuk battery lithium
      3. Forklift listrik relatif mahal dibandingkan dengan forklift diesel atau LPG.Suku cadangnya mahal dan terkadang sulit ditemukan di pasaran
      4. Masalah kelistrikan forklift adalah masalah umum.
      5. Karena kapasitas baterai yang besar, sangat rumit untuk mengganti baterai, perlu menggunakan forklift lainnya atau menggunakan stacker untuk mengangkat batterynya.

      Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan forklift elektrik. Untuk jenis forklift lainnya tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Memilih forklift yang tepat untuk Anda terserah Anda! Tapi jangan khawatir, Anda bisa menemukan semua jenis forklift hanya di Indotara. BOMAC forklift hadir sebagai forklift terbaik. Anda dapat memilih forklift dengan kualitas terbaik dan memilih banyak sekali opsional untuk menunjang operasi gudang Anda.