Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Fungsi Dan Bagian Dari Excavator

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Dadi Maulana, S.T.

Mengenal Fungsi Dan Bagian Dari Excavator

Mengenal Fungsi Dan Bagian Dari Excavator - Mengenal Fungsi Dan Bagian Dari Excavator
Excavator adalah alat berat yang memiliki kemampuan untuk mengeruk dan mengangkat material. Alat ini biasa dipakai untuk pembangunan proyek. Excavator memiliki berbagai jenis dan fungsinya masing-masing.

Pengertian lain Dari Excavator
Excavator merupakan sebuah alat berat yang biasanya dipergunakan di suatu proyek ketika ada pekerjaan mengangkat tanah, pasir ataupun serpihan reruntuhan proyek dalam jumlah besar. Excavator biasanya memiliki kabin yang dapat berputar sampai 360°.
Semakin besar ukuran pada Excavator maka akan semakin berat juga material yang bisa dibawa dan dikerjakan.

Fungsi Excavator
Beragam Fungsi pada Excavator sangat tergantung pada attachment yang dipakai. Namun pada umumnya fungsi dari excavator untuk mengeruk, memindahkan, atau mengangkat material seperti tanah.

Fungsi lain dari excavator adalah sebagai bor tanah, pemecah pada batu, memindah pohon maupun beton, dan lain sebagainya. Dari fungsi di atas akan dijelaskan secara terperinci bagian apa saja yang terdapat pada excavator yang sering digunakan.

Bagian Dari Excavator

Ada Beberapa bagian dari sebuah Excavator dan tidak bisa dipisahkan. Jika tidak memiliki satu bagian saja maka tidak akan mungkin dapat bisa dipakai sebagaimana fungsinya, salah satunya yaitu Attachment. Attachment adalah suatu alat kerja tambahan yang dapat dilepas pasang dan bisa diganti sesuai dengan kegunaannya. Posisi Attachment berada di bagian depan. Berikut adalah beberapa macam attachment :

Baca Juga:


Bucket
Bucket adalah suatu benda paling umum di excavator. Bagian depannya mempunyai bentuk seperti gigi yang dapat menyendok ataupun menggali. Bucket memiliki variasi ukuran yang berbeda-beda.

Auger
Auger bisa juga disebut bor, dan tentunya memiliki fungsi untuk mengebor tanah. Auger dapat menjangkau objek, dengan mengebor lubang yang dalam.

Breaker
Breaker adalah suatu alat yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan sesuatu. Breaker memiliki kekuatan benturan hingga mencapai 1000 pon yang dapat menembus permukaan yang sangat keras seperti beton ataupun batu. Kemampuan breaker pun bervariatif.

Clamp
Clamp ini biasanya digunakan untuk mengambil material yang terlalu besar jika menggunakan bucket. Contohnya seperti beton, pohon, dan lain-lain. Keuntungan dari Attachment Clamp ini bisa dengan mudah untuk dipasang dan dilepas.

Coupler
Coupler merupakan suatu Attachment berfungsi untuk memudahkan ketika melakukan proses perpindahan fungsi pada attachment. Sehingga dapat dengan cepat mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu proyek.

Bagi Anda yang ingin membeli Excavator berikut referensi merk alat berat terbaikyang dapat Anda pilih, yaitu Bomac Excavator dari PT Indotara Persada.
Fitur Khusus yang terdapat pada BOMAC EXCAVATOR adalah sebegai berikut :
  1. Siap beroperasi selama 24 jam non stop untuk kinerja yang lebih maksimal dan tahan lama.
  2. Mempunyai ukuran yang mudah ditempatkan dimana saja dan mudah dalam perawatannya.
  3. Dilengkapi dengan Filter bahan bakar ganda untuk menyaring kotoran agar kinerja excavator lebih maksimal.
  4. Memiliki Pegangan kontrol mekanis yang mudah dipahami serta sangat nyaman dalam penggunaannya.
  5. Sistem hidrolik aliran negatif pompa ganda daya konstan yang sangat kuat serta mudah perawatannya.
  6. Menggunakan bahan material khusus yang sangat kuat, cocok digunakan untuk kinerja berat dan sangat efisien.
  7. Bomac excavator tersedia dalam 2 varian, yaitu rubber tracked wheel dan steel tracked wheel dengan material yang berkualitas tinggi.
  8. Mempunyai cabin yang aman serta nyaman pada saat excavator dioperasikan.
  9. Sangat stabil dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi medan kerja.
  10. Mempunyai konsumsi pemakaian bahan bakar yang rendah serta ramah terhadap lingkungan.
  11. Terbuat dari material khusus yang sangat kuat cocok untuk kinerja berat.
  12. Memberikan jaminan garansi Engine & Hydraulic selama 3 tahun atau 2000 jam masa penggunaan.
Bomac Excavator sangat mampu diandalkan.