Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pengertian Material Handling dan Keuntungan Menggunakan Mesin Conveyor Bagi Industri

Posted Date, 26 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Mahendra, S.T.

Mesin Conveyor Bagi Industri

Pengertian Material Handling dan Keuntungan Menggunakan Mesin Conveyor Bagi Industri - Pengertian Material Handling dan Keuntungan Menggunakan Mesin Conveyor Bagi Industri.
Material Handling Adalah Ilmu dan seni memindahkan, mengontrol, menyimpan, atau mengawasi material pada satu kawasan dengan posisi tempat yang tepat, waktu yang tepat, urutan yang tepat dengan biaya yang tepat dan menggunakan suatu metode yang tepat sesuai rencana untuk membantu suatu perpidahan barang dengan skala dan dimensi yang besar ataupun kecil sehingga memudahkan pekerjaan jika dilakukan secara manual atau tenaga manusia.

Perpindahaan material membutuhkan waktu dan tempat yg disesuaikan dengan kondisi seperti:
  1. Dimensi / ukuran barang.
  2. Berat barang.
  3. Bentuk / model barang
  4. Jenis kemasan / kondisi material sesuai lintasan
  5. Analisis sesuai karakter barang
  6. Kondisi suatu ruangan
    Aspek Material Handling
    *Memudahkan pekerjaan manusia dan mesin
    *Penyangga operasional suatu perusahaan atau industri

    Kali ini kita coba jelaskan prinsip kerja dari satu alat bantu dari material handling yaitu Conveyor, kita tahu conveyor adalah suatu sistem mekanik yang berfungsi memindahkan barang dari satu atau jalur yang sama dari titik A ke titik B, sehingga memudahkan dalam proses perpindahan suatu barang di satu lokasi tertentu. Conveyor dijadikan alat bantu atau transportasi yg efisien dan cepat.

    Baca Juga:

      Dalam sebuah perusahaan atau suatu industri, kadang kala terdapat bahan - bahan yg berat dan memerluakan suatu alat bantu yg membantu untuk memindahkan, sehingga mempercepat suatu produksi dan mengurangi suatu resiko jika dikerjaan secara manual. Untuk itu mesin conveyor banyak dipilih di kalangan industri sebagai alat angkut atau memindahakan yang aman dan tepat.

      Conveyor dapat dioperasionalkan barang dengan jumlah banyak dan continue dari satu titik A ke titik B dengan medan - medan atau jalur yang sama pada titik tertentu yg disesuaikan.Kondisi perpindahan tempat tersebut harus menyesuaikan lokasi yang tepat supaya system kerja pada conveyor tersebut bisa bekerja secara optimal atau maksimal sehingga conveyor itu sendiri bisa mempunyai nilai ekonomis.

      Conveyor tersedia dalam berbagai varian, mulai dari truck loading conveyor yang berguna untuk proses loading dan unloading. Kemudian telescopic belt conveyor, yang mana conveyor bisa dipanjangkan ataudipendekan dan berguna dalam proses bongkar muat di dalam kontainer, kemudian roller conveyor yang paling sering digunakan, belt conveyor, vertical lift conveyor, dan lain-lain

      Jenis-jenis conveyor yang ada harus sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga conveyor yang Anda pilih tepat guna. Conveyor terbaik adalah merek Shigemitsu. Produk Shigemitsu conveyor bisa Anda dapatkan di PT. Indotara Persada. Garansi yang lama, sparepart yang lengkap, teknisi yang handal, after sales terbaik, membuat Shigemitsu mampu diandalkan. Jangan ragu, dengan harga yang terjangkau, dan kualitas terbaik, Shigemitsu mampu membantu perkembangan bisnis Anda.