Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PENGERTIAN TENTANG TITIK TENGAH BEBAN PADA FORKLIFT (LOAD CENTER)

PENGERTIAN TENTANG TITIK TENGAH BEBAN PADA FORKLIFT (LOAD CENTER) - Banyak kita ketahui dalam dunia industri alat berat forklift sangat dibutuhkan untuk bongkar muat barang yang membutuhkan tenaga yang sangat besar tidak bisa menggunakan tenaga manusia karena bebannya sangat berat. Salah satu yang merupakan hal penting pada forklift adalah tentang load center pada forklift. Yang dimaksud dengan pusat beban (load center) adalah bagian tengah beban forklift dari depan ke belakang. Untuk load center pada forklift bisa kita hitung menggunakan dengan mengukur kapasitas beban yang akan dibawa, dan membaginya menjadi dua (memberikan beban merata yang memposisikan dari belakang (counter weight) sampai ke sandaran (backrest forklift).

Baca Juga :
DISTRIBUTOR PENJUALAN UNTUK JASA SEWA FORKLIFT


CARA MERAWAT FORKLIFT SEHARI HARI


PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI


TITIK TENGAH BEBAN PADA FORKLIFT (LOAD CENTER)

 

PENGERTIAN TENTANG TITIK TENGAH BEBAN PADA FORKLIFT (LOAD CENTER)

 

Sering kita lihat pada katalog forklift menumakan dengan istilah kapasitas maksimal ditulis, misalnya “kapasitas 3000kg pada load center 500mm”. Contohnya sebagai standard, pada ukuran forklift sedang (kapasitas 1-3.5 ton), banyak produsen forklift banyak dalam menghitung kapasitas maksimal dengan asumsi pusat beban 500mm (50cm) atau 600mm (60cm), sesuai dengan ukuran pallet standard (panjang 100 cm atau 200 cm).

Apabila jika anda membawa barang yang lebih besar maka pusat beban akan meningkat. Hal itu membuktikan bahwa semakin kecil pusat beban menyebabkan semakin kecil juga usaha yang diperlukan forklift untuk mengangkat beban yang sama dengan berat yang sama pada beban forklift.

Dalam aplikasinya dalam titik pusat beban bekerja, dala prakteknya seperti prinsip kerja pada tangan bayangkan dalam anda menjulurkan tangan ke depan dan menggantungkan beban pada lengan, anda akan memerlukan jauh lebih sedikit tenaga untuk menjaga berat beban, jika beban tergantung pada siku dibandingkan dalam beban menggantung pada pergelangan tangan karena beban pusat lebih dekat dengan tubuh anda.  

Begitu pula dengan berlaku untuk forklift. Ketika anda mendorong pusat beban keluar, usaha atau kapasitas yang dibutuhkan untuk membawa beban bertambah. Sebaliknya ketika membawa beban yang masih di dalam load center forklift akan lebih stabil. Load center banyak pengaruhnya saat untuk mrngangkat beban yang dimensinya panjang dari fork hal itu harus diketahui karena mengangkat beban yang melebihi dimensi akan mengakibatkan Forklift menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat membahayakan driver maupun orang lain di lingkungan kerja.

Secara teori pusat gravitasi forklift tanpa membawa beban yaitu terdapat di bagian tengah forklift (dibawah cabin operator), pusat gravitasi forklift yang membawa beban (dengan load center yang berada di 500 mm) akan bergeser ke depan sedikit demi sedikit sesuai dengan ketinggian angkat.

Semua itu dapat disimpulkan bahwa pada saat mendorong pusat beban keluar, usaha atau kapasitas yang dibutuhkan untuk mengangkat bobot bertambah. Hal ini dapat menjadi sebab karena forklift dengan kapasitas besar untuk barang yang beratnya jauh lebih ringan dari kapasitas forklift, karena dimensi daripada barang tersebut.

 

banner percayakan indotara

Penulis: SILVANUS

Editor: IQBAL


Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


Related Articles