Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pengetahuan Dasar Pada Alat Berat Excavator

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Mahendra, S.T.

Pengetahuan Dasar Pada Alat Berat Excavator

Pengetahuan Dasar Pada Alat Berat Excavator - Alat berat Excavator memiliki nama lain yg biasa dikenal oleh kita atau dikalangan masyarakat Indonesia pada umumnya, yaitu beko. Dalam pengoperasian alat berat excavator, terdapat resiko yang tinggi dan bisa menyebabkan kecelakaan kerja, seperti tabrakan dengan unit lain, tidak memperhatikan lingkungan sekitar, tidak memperhatikan area cakupan kerja, dan lain-lain. Hal tersebut bisa menyebabkan excavator terguling atau kecelakaan pada operator. Tidak sedikit hal ini terjadi karena adanya faktor human error atau kelalaian manusia. Oleh karena itu untuk menghindari resiko itu semua, para pengguna atau operator wajib mengetahui dasar-dasar penggunaan excavator.

Excavator berfungsi sebagai alat untuk mengeruk dan mengangkut material dengan menggunakan bucket. Biasanya material dikeruk dan dituangkan ke dalam truk. Jenis alat berat ini memiliki sebuah batang/lengan (arm), tongkat/bahu atau boom beserta dilengkapi keranjang/alat keruk yang digerakan langsung oleh tenaga hidrolik. Alat berat excavator mempunyai fungsi utama yaitu sebagai alat bantu penggalian pada suatu lahan bermaterial tanah, lumpur dan lain-lain.

Alat berat excavator biasa digunakan dalam suatu pekerjaan untuk penggalian tanah, mengangkut material-material bahan kontruksi dari bangunan dan berfungsi juga sebagai eksplorasi serta perambahan hutan. Dalam pengoperasian unit excavator tersebut, banyak aspek yang perlu diperhatikan bagi operator atau pengguna alat berat tersebut, seperti dasar cara pengoperasian yang sesuai dengan prosedur penggunaan, aspek keselamatan kerja dalam menggunakan unit excavator, keahlian, dan pengetahuan tentang unit excavator, beserta dengan aspek pemeriksaan dan juga pemeliharaan pada unit excavator tersebut.

Baca Juga:


Tips-tips yang perlu diperhatikan sebagai dasar pengetahuan awal untuk pengoperasian awal pada unit excavator sebagai berikut :
  1.  Memastikan sistem pekerjaan yang aman.
  2. Perhatikan fitur keselamatan.
  3. Lakukan program pemeliharaan.
  4. Usahakan kondisi operasi yang aman
Beberapa faktor ini juga sebagai pertimbangan dalam memastikan sistem pekerjaan yang aman sebagai berikut :
  1. Type Excavator dan struktur protektif yang dipasangkan atau attachment.
  2. Karakteristik dan kondisi lokasi pekerjaan penggalian.
  3. Kebutuhan pekerjaan.
  4. Kompetensi dari tim dan kerjasama team yang perlu dibuat.
Sebuah alat berat excavator yang baik wajib memliki fitur utama pada keselamatan dan akses yang memadai bagi pengguna atau operator excavator. Fitur-fitur keselamatan mencakup tempat duduk yang dapat disesuaikan sehingga memberi rasa nyaman bagi operator ketika unit digunakan, memiliki safety pada pengereman yang baik pada unit excavator. Salah satunya parking brake yang berfungsi sebagai system rem pada saat unit berhenti supaya unit excavator tersebut tidak berjalan sendiri ketika unit excavator di matikan atau dalam kondisi off (diparkirkan). Dan beberapa fitur penting lainya yang terdapat pada unit excavator. Di dalam kabin juga biasanya terdapat tulisan-tulisan sebagai arahan dan peringatan untuk operator sebelum mengoperasikan unit Excavator.

Bomac Excavator bergaransi 3 tahun untuk hydraulic dan 1 tahun untuk electrical. Bomac Excavator siap kerja 24 jam nonstop.