Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penjelasan Backhoe Loader Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Posted Date, 14 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Dadi Maulana, S.T.

Penjelasan Backhoe Loader Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Penjelasan Backhoe Loader Beserta Fungsi & Cara Kerjanya - Penjelasan Backhoe Loader Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya Apa itu Backhoe Loader? Kali ini saya akan mengulas tentang hal-hal yang berhubungan dengan Backhoe Loader seperti pengertian, fungsi, dan juga cara kerjanya. Mengapa hal ini perlu dibahas? Karena tidak sedikit orang yang belum mengenal salah satu alat berat yang satu ini.

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa Backhoe Loader sama dengan Wheel Loader atau Excavator. Padahal ketiganya sangat jelas berbeda. Untuk selengkapnya, kita simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Tentang Backhoe Loader.
Alat berat sangat sering kita jumpai terutama di di tempat yang sedang dilakukan perbaikan, pembangunan, penggalian, dan sebagainya. Mungkin dari kita hanya tahu kalau yang kita lihat tersebut merupakan suatu alat berat namun kita tidak tahu alat berat apa yang sedang kita lihat tersebut. Karena ada banyak alat berat yang tampil dengan berbagai macam bentuk, fungsi, dan komponennya.

Perlu kita tahu, Backhoe Loader merupakan sebuah alat muat atau alat yang menggunakan ban dan juga roda serta dikombinasikan dengan backhoe. Cara pengoperasian Backhoe Loader beragam. Selain itu, terdapat banyak elemen penting dipakai pada backhoe. Pada dasarnya, penggunaan alat berat ini tidaklah jauh berbeda dengan Wheel Loader.

Fungsi dari Backhoe Loader adalah untuk digunakan sebagai alat penggali atau beberapa pekerjaan lainnya seperti membongkar aspal, pencabut tanggul, pemecah meterial keras, juga bisa digunakan untuk mengangkat stock pile ke dump truck yang jaraknya lumayan tinggi. Selain itu, Backhoe Loader juga bisa digunakan untuk batching plant, crushing plant, dan juga hopper AMP. dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang harus kita tahu adalah siklus dari ukuran backhoe yang akan digunakan. Jika menggunakan backhoe yang berukuran kecil, maka siklusnya akan lebih cepat, begitupun sebaliknya. Karena itu, kita harus bisa menentukan ukuran backhoe yang tepat supaya efektif dan efisien.

Baca Juga:


Ada 3 Metode kerja pada Backhoe Loader
  1. Metode V-Shape Loading
Metode ini beroperasi namun truck tidak bergerak sampai saat pengisian penuh. Ketika sudah penuh, maka Backhoe Loader akan mulai bergerak maju mundur sehingga bisa pula membentuk huruf yang sangat mirip dengan huruf V. Nanti Backhoe Loader akan mengambil material sampai ke truck lalu kemudian mengantarkan material tersebut dengan aman.
  1. Metode Shaping Loading
Metode ini memiliki ciri di mana truck akan maju ketika Backhoe Loader mengangkat material.
  1. Metode Pass Loading
Metode Pass Loading yang biasanya digunakan ketika ada dua unit atau lebih yang berasal dari Backhoe Loader. Rekomendasi Backhoe Loader terbaik salah satunya adalah Bomac. Bomac Backhoe Loader sudah sangat banyak digunakan oleh perusahaan ternama. Bomac backhoe loader bergaransi 3 tahun atau 2000 jam kerja untuk hidrolik dan 1 tahun atau 1000 jam kerja untuk elektrikal.