Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI

PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARI

Pembahasan kali ini mengulas tentang penyebabnya mesin diesel susah hidup di kala pagi hari atau mesin masih susah nyala bahkan diwaktu siang hari, dengan gejala gejala lain seperti setelah di starter beberapa kali baru bisa hidup. Dan kalau mesin sudah hangat atau panas baru mudah untuk meghidupkannya.

Pada Umumnya mesin diesel pada forklift yang susah hidup disaat pagi hari atau kondisi mesin dalam keadaan dingin biasanya disebebakan oleh bermasalahnya atau glow plug atau busi pemanas, atau bisa juga permasalahan pada kelistrikan busi pijar.

Untuk mengatasi masalah pada kerusakan busi pemanas mesin diesel, masalah biasanya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan busi pemanas rusak diantaranya control unit rusak yang control unit itu sendiri berfungsi mengatur timer glow plug,kemudian relay busi pemanas rusak,sekring busi pemanas rusak, dan kemudian businya itu sendiri yang rusak.

Kemudian bagaimana cara menganalisa dan menentukan rusak dari kelistrikan busi pemanas atau busi pemanas tersebut itu sendiri cukup mudah,cara mengetahuinya yaitu dengan cek voltage atau tegangan pada terminal busi pijar sesaat setelah kunci kontak On. Jika tegangan 12 Volt untuk mesin diesel 1 accu berarti kerusakan busi pijar normal. Jika busi pijar normal periksa busi pemanas itu sendiri ada kemungkinan rusak atau putus, karena jika busi pemanas rusak mesin tidak dapat berpijar walaupun terdapat tegangan 12 volt beberapa detik ketika kunci kontak On busi pemanas didalam mesin tetap tidak dapat berpijar dan menyalakan mesin.

PENYEBAB MESIN FORKLIFT TIDAK HIDUP DI PAGI HARILalu untuk mengecek Busi pemanas apakah masih bagus atau tidaknya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yang pertama gunakan ampere meter  atau tang ampere untuk melihat arus listrik yang mengalir ke busi pijar secara keseluruhan. Contoh busi pijar dengan dengan nilai tahan 1ohm dan dengan tegangan accu 12 volt, untuk satu busi pijar akan mengaliri 12 ampere arus listrik secara keseluruhan, jika sebuah mesin menggunkan 4 busi pijar maka busi pijar secara keseluruhan 48 ampere, dan dari nilai ampre aktual secara keseluruhan kita bisa mengetahui dan menganalisa berapa busi pijar yang bekerja dan berapa busi pijar yang rusak atau mati.

Yang kedua gunakan avo meter digital boleh juga avo meter yang jarum, pilih scala ohm meter untuk mengukur nilai resistensi atau nilai tahanan pemanas pada busi pijar. Nilai tahanan busi pemanas yang normal biasanya kurang dari 1 ohm. Untuk mengukur nilai tahanan pada tiap tiap busi pijar, lepaskan accu atau lepaskan off kan kunci kontak. Kemudian buka kabel utama ke busi pijar kemudian lepaskan plat penghubung antar busi pijar. Lalu ukur nilai tahanan pada ujung busi pemanas dengan body busi pemananas yang tertanam pada mesin.

Atau bisa juga dengan cara lain yang bisa dilakukan dengan melepas busi pijar dari mesin kemdian ukur dengan menggunakan avo meter, kalau busi pijar putus tidak menunjukan nilai tahanan, maka busi pijar harus diganti dengan yang baru. Semoga bermanfaat...

" Pilihlah Distributor yang memberikan Pelayanan & Service Terbaik bagi Kepuasan Pelanggan "

banner percayakan indotara

Yang pertama tentukan kapasitas atau tonase jenis berat beban barang yang anda mau angkat, karena ada banyak kapasitas yang dan jenis forklift yang tersedia, Misal forklift dengan kapasitas 3 ton, 5 ton, 7 ton, 10 ton, Dst. Ini berguna untuk anda membeli forklift sesuai dengan kebutuhan.ketahui juga dimensi benda yang mau diangkat dan seberapa tinggi beban yang mau anda angkat, karena itu akan sangat mempengaruhi kinerja forklift anda. Semakin besar dimensi dan semakin tinggi beban angkat akan memperberat beban forklift sehingga forklift yang anda pakai harus lebih besar kapasitasnya dari berat beban, Contoh jika anda memiliki barang yang mau diangkat dengan Forklift dengan berat 3 ton, normalnya anda pakai forklift dengan kapasitas 3 ton, dengan syarat dimensi beban tidak lebih dari 1 meter persegi dikarekan standart load center forklift 3 ton 500mm. Jika melebihi beban dan kapasitas standart maka anda harus menurunkan kapasitas bebannya atau andai pakai forklift yang lebih besar.
Penulis : Irfan N
Editor : Iqbal


Banner Product Bomac

List-Produk-Artikel-Bomac


Related Articles