Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Fiber laser & Co2 Laser

Posted Date, 12 September 2022

Editor: Ipin

Penulis: William Ganing

Perbedaan Fiber laser & Co2 Laser

Perbedaan Fiber laser & Co2 Laser - Dalam dunia industri terutama dalam industri yang bergerak dibidang manufaktur sudah terlihat kemajuan teknologi yang sangat membantu pekerjaan agar lebih efisien dan bagus. Proses pengerjaan yang baik adalah sebuah proses pengerjaan yang dimana dapat menghasilkan hasil kerja yang bagus dan sesuai dengan yang diinginkan. Begitu juga dengan mesin potong atau cutting machine.

Mulai dari awal berkembangnya memakai tenaga manusia sampai akhirnya alat potong ini sudah bisa dikerjakan secara penuh oleh manusia dengan hasil yang menakjubkan. Pemotongan manual merupakan sistem pemotongan menggunakan tenaga manusia, pemotongan ini sangat tidak bisa diukur keakurasiannya secara tepat dikarenakan jangkauan manusia terbatas sehingga hasil potong lebih tidak presisi ditambah juga dengan pemotongan manual hasil produksi cenderung sedikit dan memakan waktu lama dalam proses penyelesaiannya. Sedangkan dengan pemotongan menggunakan mesin sudah sangat mengalami banyak inovasi dalam memotong, salah satu paling mencolok adalah hasil pemotongannya sangat presisi, halus dan sangat bagus kualitasnya, selain itu juga memakan waktu yang singkat dalam pengerjaannya serta menghasilkan produk yang banyak dalam waktu yang singkat.

Baca Juga:
Fiber Laser
Fiber laser termasuk dalam laser solid state yaitu laser yang membuat sinar lasernya dari benih laser dan dibuat khusus serta dibuat kuat di dalam fiber glass. Fiber laser di dukung oleh energi dari dioda pompa yang dimana panjang gelombang dioda pompa ini sebesar 1.064 micrometer, fiber laser ini mempunyai detail pemotongan yang sangat halus, sangat detail jika dibandingkan dengan laser YAG dan CO2, kualitas laser fiber laser ini 100x lebih halus bahkan jika mau disandingkan dengan CO2 laser dengan kekuatan yang sama. Kualitas hasil fiber laser ini dapat dilihat dari hasil cutting, marking yang sangat halus, rapi dan sangat mendetail.

Keunggulan dari fiber laser ini adalah bebas maintenance dan memiliki masa umur produksi yang lama sekitar hampir 25.000 jam, untuk itu harga dari fiber laser ini cukup mahal dikarenakan kualitas yang sangat bagus.

CO2 Laser
Laser CO2 merupakan laser yang berasal dari hasil pencampuran gas karbondioksida dengan beberapa gas lainnya yang kemudian distimulasikan menggunakan proses yang namanya proses elektrik. CO2 laser ini memiliki panjang gelombang sekitar 10.6 Micrometer dan sangat cocok untuk pengerjaan material non metal dan material plastik, seperti akrilik, kayu, dan keramik. Untuk itu CO2 laser juga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan mempunyai kualitas sinar laser yang cukup bagus dengan harga yang terjangkau. Karena harga yang terjangkau, CO2 laser banyak dipakai.

NB : CO2 laser cocok untuk kelas industri menengah kebawah dikarenakan harganya yang sangat ekonomis apalagi bagi pemula dibandingkan dengan mesin laser yang lain.


Related Articles