Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

PRINSIP KERJA SISTEM HIDROLIK PADA FORKLIFT

PRINSIP KERJA SISTEM HIDROLIK PADA FORKLIFT - Sebagai penggerak utama pada forklift ini digunakan mesin diesel RD30ABTX2, dengan putaran mesin 2000rpm dan putaran dari mesin inilah yang digunakan untuk menggerakkan pompa oli (oil pump) & oli dari tangki utama forklift dipompakan, sehingga mengalir menuju control valve pada mesin. Didalam control valve ini terdapat dua katup utama yaitu lift valve dan tilt valve. Lift valve berfungsi untuk mengontrol keluar masuknya batang torak pada lift silinder mesin sehingga dapat menaikkan dan menurunkan beban forklift.

Baca Juga :
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM FORKLIFT


PUSAT JUAL FORKLIFT JAKARTA


MEMILIH FORKLIFT TAHAN LAMA

PRINSIP KERJA SISTEM HIDROLIK PADA FORKLIFTTilt valve mempunyai fungsi untuk mengontrol keluar masuknya batang torak pada tilt silinder mesin sehingga dapat membuat miring tiang pengangkat pada forklift. Untuk menggerakkan batang torak pada lift silinder luar, dialirkan oli pada bagian bawah dari lift silinder. Hal ini dapat dilakukan dengan mengontrol lift valve sehingga posisinya kesebelah kanan.

Dengan demikian oli dapat mengalir pada bagian bawah lift silinder, maka batang torak akan terangkat ke atas sedangkan oli yang terdapat di bagian atas lift silinder langsung keluar menuju tangki utama forklift. Untuk menghentikan gerakan torak ini, dapat dilakukan dengan mengembalikan pada posisi lift valve ketengah.

Sedangkan untuk menurunkan dan memasukkan kembali batang torak ini dapat dilakukan dengan mengontrol lift valve pada sebelah kiri. Karena adanya berat garpu dan beban, maka torak akan mendorong oli yang ada di bagian lift silinder ini keluar dari lift silinder. Kecepatan keluar oli ini oleh adanya down control valve dan safety valve. Pengontrolan terhadap lift valve dan tilt valve tidak dapat dilakukan secara bersamaan. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadinya bahaya terhadap kerja dari forklift secara Keseluruhan.

 

PRINSIP KERJA SISTEM HIDROLIK PADA FORKLIFT

PRINSIP KERJA SISTEM HIDROLIK PADA FORKLIFT

Pada Forklift terdapat suatu alat yang disebut dengan Fork. Fungsi fork ini adalah sebagai pemegang landasan beban yang mana fork ini terpasang pada kerangka (backrest) sebagai pembawa garpu dan tiang penyokong mast. Fork assembly diikatkan ke salah satu ujung rantai dan yang lainnya terikat pada beam tiang penyokong. Rantai ini bergerak sepanjang puli ( wheel ) yang melekat pada ujung atas dari batang torak pada lift silinder.

PRINSIP KERJA SISTEM HIDROLIK PADA FORKLIFTBerputarnya puli ini akibat dari tekanan fluida di dalam lift silinder yang mengakibatkan tertariknya salah satu ujung yang terikat pada beam tiang penyokong (outer mast). Karena rantai terikat, maka pulilah yang berputar sekaligus naik turun oleh gaya tarik yang timbul pada rantai, sedangkan ujung rantai yang lainnya akan bergerak mengangkat backrest dan forknya sampai ketinggian maksimum yaitu 3000 (mm).

 

 

Fork Assembly (Garpu) dan Backrest (Pelindung)

Garpu ini berfungsi sebagai tempat dimana barang atau beban yang akan diangkat atau dipindahkan. Garpu ini dapat digeser sepanjang finger board yaitu dengan mengangkat knop yang terdapat pada pengarahan atas garpu. Garpu ini ada dua buah dan diletakkan simetris sebelah kiri dan sebelah kanan lift silinder sepanjang finger board.


Stay Connected

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Silvanus

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp

banner percayakan indotara
 

Banner Product Bomac

Banner List Product Bomac Artikel


 


Related Articles