PRODUKSI ES SKALA INDUSTRI
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PRODUKSI ES SKALA INDUSTRI

Produksi es skala industri

Untuk produk es skala industri, ada berbagai tipe mesin berdasarkan bentuk es yang dihasilkan Berikut penjelasannya:
1. Block Ice Machine
Ada 2 proses pembuatan es balok, yaitu brine system dan direct system. Brine system adalah proses pembuatan es dengan menggunakan air garam dalam metode pendinginannya. Es yang dihasilkan dengan brine system tidak layak untuk dikonsumsi karena diproduksi secara terbuka, sehingga tidak hiegenis. Sedangkan es yang dihasilkan dengan direct system menggunakan system refrigerant untuk pendinginannya. Es yang dihasilkan pun sudah layak untuk dikonsumsi.
a. Brine system
Brain System

Pembuatan es dengan brine system memerlukan beberapa komponen diantaranya compressor, condensor, receiver, evaporator (verdamper), brine tank (bak air garam), suction trap, accumulator, oil separator, agitator, control valve dan instalasi listrik sebagai sumber tenaga untuk menggerakan unit pendingin tersebut. Pembuatan es dengan sistem brine juga masih manual, di mana masih menggunakan manusia untuk setiap stepnya. Dengan sistem tersebut sudah jelas bahwa es yang dihasilkan bukan untuk di konsumsi melainkan untuk pengawetan terutama di bidang perikanan.  Nelayan bisa menggunakan es ini untuk mengawetkan ikan setelah ditangkap sehingga kualitas ikan tetap terjaga.

b. Direct system
Direct system
Ada pun pembuatan es dengan direct system adalah pembuatan es yang langsung di dinginkan oleh sistem refrigrant tanpa tambahan zat garam seperti sistem brine . Cara kerja sistem ini hampir mirip dengan freezer namun ukurannya lebih besar. Hasil esnya juga bisa dikonsumsi. Kelebihan mesin dengan sistem direct ini jauh lebih unggul dengan jenis brine karena tidak banyak membutuhkan tenaga manusia untuk mengoprasikannya, karena semuanya sudah otomatis.

2. Tube ice Machine

Ice Tube Machine Produksi es skala industri

Sesuai dengan namanya, mesin es yang satu ini menghasilkan es berbentuk tube (tabung yang tengahnya bolong). Es jenis ini banyak digunakan untuk sajian minuman di hotel, restoran, atau cafe. Bentuknya yang cantik menjadi salah satu alasan bentuk es ini banyak dicari. Komponen dari mesin ini antara lain evaporator, cooling tower, kompresor, dan yang lainnya. Mesin ini dapat menghasilkan es sebanyak 1-50 ton per hari.
3. Flake Ice Machine
Produksi es skala industri tube ice machine

Flake ice machine menghasilkan es berbentuk seperti serpihan kaca. Es jenis ini banyak digunakan untuk mengawetkan ikan seperti yang sering kita lihat di supermarket. Es jenis ini sangat efektif untuk mengawetkan ikan, karena luas permukaan yang lebar dan tipis, sehingga es bisa masuk ke sela-sela tumpukkan ikan. Flake ice machine yang kapasitasnya kecil juga bisa diintall di atas kapal nelayan. Tujuannya adalah untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan nelayan sehingga ketika tiba di darat kualitas ikan masih bagus.


Genset dapat menjadi sumber listrik bagi mesin ini jika digunakan di atas kapal. Ada juga mesin yang di desain khusus bisa menggunakan air laut dalam proses pembuatannya, sehingga nelayan bisa langsung mengambil sumber air dari laut.

Penulis : Imron
Editor : Takiyudin

Banner All Ice Machine Tomori
List-Product-Block-Ice-Machine


Related Articles