Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Single dan Double Mast Aerial Work Platfom

Editor: Fiki
Single dan Double Mast Aerial Work Platfom
Mengenal Lebih jauh Single dan Double Mast Aerial Work Platfom (AWP)

Aerial Work Platfom (AWP), adalah perangkat mekanikal yang digunakan untuk membantu pekerjaan di ketinggian tertentu. Biasanya digunakan untuk pekerjaan konstruksi, Industri Tenaga Listrik, Iklan, dan sebagainya. Ada beberapa jenis tipe untuk Aerial Work Platfom ini, seperti scissor Lift, Articulated Boom Lift, Telescopic Boom Lift, serta Truk Mounted, namun pada artikel kali ini kita akan fokus membahas untuk type Aerial Work Platfom itu sendiri yang biasanya digunakan dalam perawatan gedung atau ruangan.

Umumnya, unit ini bisa digunakan untuk menjangkau ketinggian bangunan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan kemampuan unit yang dijadikan sebagai pilihan tersebut. Di mana untuk pengoperasiannya unit ini sudah menggunakan sistem hidrolik, dan juga tiang utama yang dijadikan sebagai penggerak naik dan turunnya.

Dilengkapi dengan tambahan fitur stabilizer untuk menjamin kenyamanan saat pemakaiannya. Ada juga beberapa fitur pendukung lainnya seperti tombol darurat (emergency button) yang dapat berfungsi untuk menghentikan operasional unit secara otomatis di saat kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkan operasional.

Selain itu dari segi fitur safety lainnya juga terdapat fitur outrigger yang sudah dilengkapi dengan sensor berfungsi sebagai tambahan keamanan yang memastikan bahwa unit sudah dalam kondisi stabil dan siap untuk di operasionalkan.

Dengan pengoperasian unit yang mudah, ditambah sangat flexibel karna bisa menyesuaikan ketinggian bangunan, serta mobilitas unit yang mudah, menjadikan unit ini sangat berguna dalam kegiatan operasional maintenance atau perawatan gedung ataupun pengerjaan lainnya. Untuk tenaga penggerak dari unit Aerial Work Platfom ini biasanya memakai Baterai recharge, tetapi ada juga yang mengunakan Arus Listrik (AC).

Pada dasarnya Aerial Work Platfom dibagi menjadi 2 jenis :

- Tiang Tunggal (single Mast)
Untuk Aerial Work Platfom yang memakai tiang tunggal biasanya unitnya cukup ramping dan tidak terlalu berat, sehingga lebih mudah untuk mobilisasi unitnya. Tetapi untuk operator pemakaian single mast, biasanya khusus hanya untuk satu orang saja, dengan kapasitas daya angkut berkisar 100-150kg untuk tipe single mast.

- Tiang Ganda (double mast)
Berbeda dengan Aerial Work platfom tipe single mast, untuk double mast pemakian operator memungkinkan 2 orang dalam operasionalnya, namun unit ini cenderung lebih besar ketimbang seri dari single mast karna bisa memuat 2 orang. Daya angkut rata-rata untuk tipe double mast ini sendiri berkisar di 200-300kg.

Dari artikel di atas kita sudah mengetahui secara fungsi dari Aerial Work Platfom, salah satu keunggulannya adalah karna unitnya yang lebih kecil serta tidak terlalu berat yang bisa memungkinkan memasuki gedung-gedung dan lantai-lantai melalui Lift, serta dilengkapi dengan roda yang membuat lebih mudah dalam mobilisasinya. Ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari perangkat untuk membantu memelihara bangunan atau gedung.