Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Solusi Bongkar Muat Menggunakan Mobile Loading Dock Up Ramp

Editor: Fiki
Solusi Bongkar Muat Menggunakan Mobile Loading Dock Up Ramp
Apa itu Mobile Loading Dock? Dan apa fungsi nya? Mari ikuti dan simak sama-sama untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai Mobile Loading Dock.

Mungkin menurut orang awam loading dock hanya terlihat seperti tempat keluar masuknya barang pada sebuah fasilitas, namun tempat ini memiliki peran yang sangat penting kepada para pengirim, warehouse maupun perusahaan logistik.

Selain dapat menghemat waktu ketika memuat barang, loading dock juga diperlukan ketika memuat barang dengan temperatur yang sensitif (refrigerated transportation).

Loading dock merupakan ruang belakang nya di sebuah gedung, tempat truk dimuat maupun dibongkar. Dapat  ditemukan di pabrik, gudang maupun industri lainnya. Mereka adalah lokasi utama  dari pergerakan produk, masuk atau keluar dari suatu fasilitas.

Beberapa dari pengiriman memiliki bentuk yang cukup besar maupun ukuran yang terbilang banyak untuk dikirimkan dengan cara yang pada umum nya. Maka demikian, mereka perlu dikirimkan dalam bentuk kargo.

Jadi pada intinya, Loading Dock ialah area disuatu gudang yang digunakan untuk area bongkar muat dari atau ke truk pengangkutan barang. Area loading dock ini memiliki pintu yang terbilang besar. Loading dock ini sendiri memiliki beberapa peralatan yang terdapat dibagian dalam loading dock.

Berikut beberapa peralatan yang berada didalam loading dock:


1. Bumper Dock

Yaitu berfungsi untuk menyerap benturan dan mencegah terjadinya kerusakan pintu loading dock yang diakibatkan  parkir mundur.

2. Dock Leveler

Ialah jembatan penghubung antara lantai bangunan dengan truk pengangkut , dock leveler ini tertanam dilantai dan dapat disesuaikan tingginya dengan tinggi truk pengangkut.

3. Penahan


Alat ini adalah yang dipergunakan untuk mencegahnya truk pengangkut berjalan dengan sendirinya, yang dapat mengakibatkan kejadian yang tidak di inginkan. Seperti, kecelakaan maupun kerusakan pada bangunan

4. Lampu Docking

Alat ini membantu  untuk penerangan dalam proses loading dan unloading khusus nya berperan penting dalam keadaan gelap atau malam.

5. Shelter Dock

Adalah alat yang digunakan untuk melindungi barang pada proses loading maupun unloading mencegah dari bahaya nya cuaca yang tidak mendukung.

Peralatan yang tadi kami jelaskan adalah bagian-bagian peralatan yang melengkapi area loading dock.

Selanjutnya kami akan menjelaskan tipe-tipe apa saja yang dimiliki loading dock? Yuk simak bareng-bareng.

1. Flush Loading Dock


Bentuk dari Flush loading dock ini yang sangat umum, dimana pembuka loading dock menyatu/flushed  dengan pondisi dinding bangunan atau gudang. Bentuk ini yang paling umum karena meminimkan ruangan.

2. Open Loading Dock

Untuk jenis ini biasanya sangat tidak di rekomendasikan karna dapat terkena nya paparan cuaca diluar selain itu kemungkinan besar terjadinya pencurian. Ada juga Open loading dock ini memiliki ciri platform yang terbuka dan canopy yang menutupi platform. Keunggulan nya adalah desain ini sangat memudahkan proses loading dan unloading nya barang.

3. Close Loading Dock


Sangat berbeda dengan jenis Open Loading Dock, area loading dock ini sangat tertutup penuh, oleh karena itu dapat melindungi dari paparan cuca yang buruk maupun dari pencurian. Jenis loading dock yang satu ini sangat umum digunakan karena meningkatnya efisiensi juga mengurangi resiko dari pencurian.

4. Sawtooth Loading Dock

Atau biasa disebut Loading Dock Gergaji, didesain menyerupai mata gergaji. Bentuk yang satu ini dapat mengatasi keterbatasan nya lahan parkir maneuver kendaraan.