Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Alasan Terdapat Es Batu Berbahaya Untuk Dikonsumsi

Editor: Farhan
Es batu sudah menjadi hal yang sangat sering dijumpai di masyarakat. Es batu tidak hanya digunakan oleh pedagang saja untuk mendinginkan minuman atau membuat jajanan berbahan dasar es. Namun, es batu juga dapat digunakan untuk membuat adonan bakso, meredakan bengkak atau memar, dan juga kecantikan. Namun semua hal ini harus diperhatikan kembali, karena terdapat es batu yang berbahaya bagi manusia yang diakibatkan oleh kelalaian penjual es. Kelalaian dari penjual es ini dapat terjadi akibat beberapa hal seperti, masih menggunakan amonia sebagai media pendingin untuk menjadi es batu dan bahan cetakan dari mesin es batu tidak berbahan stainless. Namun, es batu yang paling berbahaya bagi manusia adalah es yang didinginkan menggunakan amonia. Masih banyaknya pengguna Amonia sebagai media pembeku dari es batu dikarenakan harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan freon. Apakah kalian pernah menemukan penjual es menggunakan Amonia sebagai media pendingin? Jika kita mengetahui bahwa penjual es tidak menggunakan freon namun, menggunakan Amonia sebagai media pendingin es batu maka kita harus menghindari hal tersebut. Ada beberapa hal yang dapat menjadi dampak dari penggunaan Amonia sebagai media pendingin es yaitu, es batu menjadi berbahaya untuk digunakan karena dapat menyebabkan kematian.

Amonia sendiri adalah senyawa kimia yang berupa gas mudah terbakar dan memiliki aroma yang sangat tajam. Jika Amonia ini sendiri digunakan untuk dikonsumsi maka kematian adalah dampak buruk yang dapat terjadi. Bahkan, jika aroma yang sangat tajam itu terhirup atau terkena mata akan menyebabkan dampak buruk pada organ dalam hingga kebutaan pada mata. Bahkan di Amerika, Amonia sudah dijadikan senyawa yang tidak mudah terbakar namun tetap berbahaya meskipun terhirup oleh manusia. Bahkan dikutip dari laporan VOA Indonesia bahwa belasan orang di Serbia mengalami sakit akibat kebocoran Amonia pada 13 Januari 2023. Korban jiwa tidak muncul dalam tragedi di Serbia ini dan warga di sekitar tempat kejadian di evakuasi. Memang faktanya Amonia ini masih dibutuhkan dalam beberapa bidang industri seperti bagian penting dalam pembuatan logam, produksi asam nitrat, menetralkan asam yang ada pada minyak, pembuatan karet, dan proses produk farmasi. Jika penggunaan Amonia pada kegiatan di atas berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan makan dampak dari Amonia akan timbul.

Oleh sebab itu, media pendingin pada mesin refrigerasi dan mesin pembuat es batu sudah menggunakan freon dikarenakan untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan dari penggunaan Amonia. Amonia memang lebih ramah lingkungan karena tidak merusak lapisan ozon, namun saat ini sudah tersedia freon dengan tipe R407c yang mana jenis freon ini ramah lingkungan. Selain itu, freon adalah gas yang tidak berbahaya bagi manusia. Oleh sebab itu, penggunaan freon lebih sering digunakan terutama oleh brand mesin-mesin ternama. Freon ini memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Amonia, namun dampak yang diberikan tidak sepadan.

Penggunaan Amonia untuk pendingin pada mesin es haruslah dihindari, oleh sebab itu memilih mesin yang menggunakan freon sebagai media pendingin sangatlah penting. Terutama bagi pengusaha es batu yang ingin memulai usaha harus memperhatikan media yang digunakan sebagai media pendingin atau pembeku. Penjualan freon di Indonesia sudah tersebar luas, oleh karena itu sangat mudah untuk mendapatkan freon jika seandainya sedang dibutuhkan. Keselamatan dan kesehatan bagi pelanggan jauh lebih penting, jika penggunaan Amonia tetap dilakukan oleh distributor es batu maka customer akan menjauh demi menjaga kesehatan dan kegagalan bisnis akan menjadi permasalahan yang akan datang.

Selain itu, penggunaan bahan yang tidak berbahan stainless dalam pembuatan es batu juga menjadi penyebab dari timbulnya penyakit bagi konsumen. Jika bahan yang digunakan tidak berbahan stainless maka, lempengan cetakan es batu yang berkarat akan menyebabkan air untuk pembuatan es batu akan menjadi kecoklatan akibat karat dan es batu sudah tidak dapat dikonsumsi dikarenakan air sudah mengandung bakteri yang menyebabkan kolera, diare, tifus, hingga penyakit kuning. Biasanya mesin es batu yang tidak menggunakan stainless, di jual oleh jasa rakit mesin es abal-abal. Abal-abal disini dikarenakan mesin es yang dirakit menggunakan kompresor rekondisi, teknisi minim pengalaman, komponen bekas, teknisi yang baru belajar dan menjadikan perakitan sebagai kelinci percobaan.

Oleh sebab itu bagi pengusaha es kristal atau calon pengusaha es kristal, memiliki mesin es kristal industri bukanlah sebuah gol. Goal dari pengusaha es yang memang ingin memajukan bisnisnya dalam bisnis es kristal adalah mereka yang fokus pada keuntungan jangka panjang. Harga murah dari mesin es memang menjadi ketertarikan utama, namun reputasi dari harga mesin es yang murah tidak terjamin. PT. Indotara adalah pilihan bagi para pengusaha es yang cerdas karena menyediakan mesin es kristal dari TOMORI yang merupakan produk Jepang dan di Produksi di Taiwan. TOMORI adalah brand Jepang yang sudah banyak digunakan oleh pengusaha es di ASIA. Bukti lapangan sudah membuktikan bahwa tidak ada rasa kecewa dari customer yang menggunakan brand TOMORI. PT. Indotara menjadi distributor tunggal brand TOMORI di Indonesia, oleh sebab itu jangan sampai salah memilih mesin untuk investasi jangka panjang pada mesin es.

PT. Indotara menjadi solusi dari permasalahan yang dimiliki pemilik bisnis mesin es industri yang telah dikecewakan. Deskripsi mengenai mesin es yang diberikan oleh PT. Indotara sangatlah jelas, mulai dari hal yang besar hingga kecil seperti sparepart dan control panel. Bahkan banyak customer mesin es industri dari PT. Indotara mengatakan jika es yang dihasilkan jauh lebih kristal dan tidak mudah mencair. Kualitas dari mesin es yang disediakan PT. Indotara sangatlah terjamin dan memiliki garansi hingga satu tahun. Spare part dari mesin Tomori menggunakan mesin-mesin dari Eropa, kemudian sparepart yang disediakan selalu tersedia sehingga customer yang memerlukan perbaikan tidak perlu menunggu menunggu waktu yang lama untuk ketersediaan spare part.

PT. Indotara Persada adalah perusahaan yang saat ini menjadi salah satu distributor produk-produk pendukung bisnis yang sangat berkembang di Indonesia sejak tahun 2004. PT. Indotara juga menjamin keaslian dan kualitas dari produk yang dimiliki, karena produk yang dimiliki oleh PT. Indotara diimpor dari negara yang memproduksinya langsung. PT. Indotara menjadi produsen tunggal dari banyak brand yang disediakan. Banyak alat industri dan pendukung bisnis yang disediakan PT.Indotara Persada seperti, Hoist Cranes, Genset, Alat Berat, Sektor Industri Makanan, Mesin es, Refrigerasi, Water Treatment, Solar Energi, Stabilizer, Peralatan Cafe, Kompresor dan masih banyak lainnya. Sudah banyak perusahaan besar yang mempercayai PT. Indotara menjadi penyedia alat pendukung bisnis. Showroom PT. Indotara berlokasi di Millenium Industrial Estate Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1, Cikupa, Tangerang – Banten. Produk-produk dari PT. Indotara dapat di lihat langsung pada website https://www.indotara.co.id/ atau mendatangi showroomnya langsung.